Fotografi dengan Kamera Ponsel

Ponsel atau handphone saat ini sudah menjadi gadget yang tak terlepaskan dari setiap orang, tanpa memedulikan status sosialnya. Di setiap sudut kota, kita akan senantiasa melihat orang sedang berkomunikasi dengan menggunakan ponsel. Bahkan mau pesan bakso di depan komplek, atau mau naik becak ke pasar, kita bisa memesan melalui ponsel.

Berbagai merk dan jenis ponsel kini membanjiri bursa ponsel, mulai dari ponsel merk ternama hingga merk lokal. Semuanya menghadirkan fitur-fitur yang cukup menggoda pengguna ponsel, tidak terkecuali kamera. Ponsel berkamera kini sudah menjadi tuntutan pengguna ponsel. Dengan memiliki ponsel berkamera, orang dengan mudah bisa mengabadikan moment yang ada tanpa terlewati. Ketika nonton konser musik, temu selebritis di mal, acara ulang tahun kerabat, semuanya bisa terekam dengan mudah. Dan yang pasti, bisa langsung di upload ke situs pertemanan dan di tag ke semua kerabat.

Dalam fotografi, kamera ponsel termasuk kategori kamera istimewa atau kamera saku. Kamera jenis ini dibuat untuk memudahkan pemakainya, tanpa perlu memikirkan teori-teori fotografi. Kemajuan teknologi kamera ponsel saat ini juga telah mampu menyaingi kamera digital, seperti ponsel Sony Erricson yang sering membenamkan teknologi cybershot dan lensa carl zeiss, layaknya kamera digital.

Kamera-kamera ponsel tersebut, sebenar bisa kita gunakan untuk membuat Art Photography yang menarik, bukan sekedar merekam moment atau dokumentasi saja. Dengan pengetahuan tentang komposisi dan cahaya, kita bisa memaksimalkan hasil pemotretan kamera ponsel. Penataan komposisi dan pemahaman tentang arah datang cahaya merupakan kunci sukses keberhasilan menghasilkan foto yang menarik. Selain itu, kita juga harus pahami kemampuan kamera ponsel kita, seperti resolusi, jenis lensa, dan kemampuan penangkapan cahaya. Hal ini bisa kita baca dari review yang sering dikeluarkan oleh para produsen ponsel di media massa atau situs internetnya.

Berikut ini beberapa contoh hasil foto dengan menggunakan kamera ponsel Sony Erricson K750i, termasuk ponsel kamera yang sudah cukup tua (kalau tidak salah di release tahun 2005), memiliki teknologi 2 MP auto fokus ala Soner. Editing PS untuk frame, level, saturasi, dan cropping.

Ice Lemon Tea, 2009

Tea Healthy, 2009

a couple at the grass, 2009

look up, 2009

meraih kenikmatan terakhir, 2009

music mall, 2009

the brick, 2009

on the top, 2009

Apa yang perlu kita ketahui dalam memotret dengan kamera ponsel? Dalam tulisan terdahulu (Memaksimalkan Pemotretan dengan Kamera Saku Digital) , saya pernah menjelaskan langkah-langkah memotret dengan kamera saku. Pada dasarnya, kemampuan kamera saku digital (kelas low end), hampir sama dengan kamera ponsel. Jadi, perlu kita kenali dan pahami kemampuan kamera ponsel kita ketika mengambil moment pemotretan. Berikut ini hal-hal yang perlu diketahui guna memaksimalkan pemanfaatan kamera ponsel untu Art Photography :

  1. Baca terlebih dahulu kemampuan kamera ponsel Anda, bisa dengan lihat buku panduan, atau mencari review dari pabrikan ponsel.
  2. Maksimalkan kualitas resolusi (piksel) kamera Anda.
  3. Pastikan Ponsel Anda memiliki memory card yang cukup.
  4. Jangan pernah menggunakan fasilitas zoom pada kamera ponsel, karena akan menurunkan kualitas gambar.
  5. Jangan memotret objek yang jauh, bila perlu, dekati objek yang akan dipotret.
  6. Jangan memaksakan memotret di tempat yang kurang pencahayaan.
  7. Pahami angle, komposisi, cahaya yang ada di sekitar objek.
  8. Pelajari moment yang akan ditangkap dan direkam dengan kamera, sehingga menarik untuk ditampilkan.
  9. Gunakan software pengolah foto (Photoshop, dsb) untuk memperbaiki intensitas cahaya, warna, dan komposisi yang mungkin tidak terjangkau oleh kamera ponsel Anda (tapi ingat.. Anda adalah fotografer, bukan photoshoper.. :)  )

Demikian beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk berkarya melalui kamera ponsel.

Nah, ternyata  fungsi kamera ponsel bukan hanya untuk memotret narsis atau dokumentasi biasa saja. Mulai sekarang, cobalah menggunakan kamera ponsel dengan lebih bijak dan kreatif. Keep shot and Have Fun. (Imajiplus)

One Response “Fotografi dengan Kamera Ponsel” →
  1. Iinfo menarik. Kebetulan aku lagi belajar menangkap objek dari kamera ponsel ku yang sangat sederhana.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: