Memaksimalkan Pemotretan dengan Kamera Saku Digital

Kamera digital sudah menjadi bagian dari gaya hidup orang sekarang. Setiap orang, jika kita melakukan survey, sudah mungkin pasti memiliki, even kamera handphone. Penggunaan kamera saku saat ini sering digunakan untuk pemotretan-pemotretan dokumentasi diri, misalnya foto perjalanan, atau foto waktu makan-makan di cafe dengan teman.

Sebenarnya, kamera saku bisa kita maksimalkan untuk keperluan pemotretan lain. Kualitas kamera saku saat ini, tidak kalah dengan kamera-kamera manual (baca: pro), walaupun jika dibandingkan secara teknis akan jauh sekali tertinggal. Namun, hasil kamera saku bisa menjadi sebuah foto yang menarik jika kita tahu bagaimana memaksimalkan penggunaannya.

Beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan pemotretan dengan kamera saku, yaitu :

  1. Pahami fasilitas yang tersedia pada kamera saku anda, seperti mode pemotretan, resolusi  kamera, maksimal jarak pemotretan, dan fasilitas lainnya.
  2. Jika memotret di cahaya yang kurang, jangan dipaksakan, karena sensor cahaya pada kamera saku digital memiliki keterbatasan.
  3. Pengaturan komposisi pada pemotretan dengan kamera saku digital sangat diutamakan, karena kamera saku biasanya serba otomatis, sehingga kita bisa memaksimalkan pada penyusunan objek-objek foto.
  4. Pemotretan pada jarak dekat, baca buku manual kamera, sampai seberapa dekat jarak yang bisa dimungkinkan, karena jika terlalu dekat dari yang disyaratkan akan mengakibatkan gambar tidak fokus. Fasilitas ikon close up (biasanya gambar bunga), bisa dimanfaatkan untuk pemotretan jarak dekat.
  5. Pada pemotretan lanskap, penting diperhatikan detil yang akan dijadikan POI, jangan gunakan fasilitas zoom digital, karena bisa megurangi ketajaman gambar. Sebaiknya gunakan resolusi tertinggi kamera dengan kualitas fine/ best, biarkan lensa pada posisi zoom optik. Lebih baik melakukan cropping gambar di komputer.

Demikian sedikit tips yang bisa anda gunakan untuk memaksimalkan pemotretan dengan kamera saku digital.

Semoga bermanfaat.. keep shot, and have fun…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s