Panduan Memilih Kamera DSLR

pentax-k-m1

Perkembangan kamera digital saat ini begitu mengagumkan, khususnya perkembangan kamera D-SLR (Digital -Single Lens Reflex). Sejak kamera DCS 100 dikenalkan tahun 1991, kamera D-SLR semakin dikembangkan oleh para produsen kamera. Untuk kategori kamera D-SLR, prinsip “uang ‘gak pernah berbohong” ada benarnya. Semakin mahal harga kamera, semakin bagus lah kamera tersebut.
Memilih kamera D-SLR yang tepat untuk fotografer pemula, termasuk gampang-gampang susah. Dari sekian banyak kamera D-SLR yang ada di pasaran saat ini, apa yang harus kita ketahui saat akan memilih kamera yang tepat untuk kita. Berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui bagi fotografer pemula sebelum memutuskan membeli sebuah kamera D-SLR.

1. Sensor Kamera D-SLR
Perhatikan sensor CCD atau CMOS yang digunakan pada kemera. Terdapat beberapa varian bagi sensor kamera digital ini, yaitu Full Frame (36 x 24mm), APS-H (28,7 x 19mm), APS-C (22,2 x 14,8 mm), dan Four-thirds (17,3 x 13mm). Perbedaan ukuran ini memang membingungkan untuk pemula, namun singkatnya, jika kita menggunakan sensor full frame (perbandingan gambar 3:2), maka gambar di jendela bidik akan terlihat penuh. Jika dicetak pada kertas foto ukuran 4 R (15 x 10 cm), maka tidak ada cropping pada cetakan karena sesuai dengan ukuran di LCD (15 : 10 = 3 : 2). Tapi jika kita menggunakan sensor APS-C, terdapat crop factor yang didapat dari pembagian sbb, lebar sensor full frame : lebar sensor APS-C, (36 :22,2 = 1,6) maka pada sensor APS-C terdapat crop factor 1,6 artinya gambar tidak terlihat utuh seperti pada sensor fullframe. Perbedaan penampakan yang terjadi seperti gambar di bawah ini:

crop factor

  • sensor fullframe = keseluruhan gambar
  • sensor APS-C = bingkai gambar berwarna

Kamera dengan sensor APS-C, lebih cocok untuk telephoto, karena jika kita menggunakan lensa 70 – 300mm, itu artinya kita menggunakan lensa 112 – 480mm.
sensor
2. Kamera D-SLR membutuhkan perawatan khusus
Kamera D-SLR, memiliki kemampuan interchangable lens (lensa dapat ditukar lepas). Resiko membuka lensa dari bodi kamera D-SLR, memungkinkan debu masuk ke dalam kamera, sedangkan kamera D-SLR sangat sensitif sekali dengan debu. Debu akan menempel pada sensor kamera, dan pada hasil foto akan terlihat, apalagi ketika menggunakan bukaan kecil (diafragma). Untuk membersihkan debu, bisa menggunakan alat peniup debu khusus yang tersedia di toko kamera. Walaupun pada kamera D-SLR terkini telah dilengkapi dengan sistem pembersih debu otomatis, tapi tetap secara manual dibutuhkan.

Canon-Digital-SLR-Camera-Sensor

3. Kamera D-SLR memiliki usia shutter tertentu (shutter count)
Jika kita menggunakan kamera SLR analog, setiap melakukan pemotretan, kita dibatasi oleh jumlah frame yang ada pada rol film negatif yang kita gunakan. Pada kamera D-SLR, hal tersebut ditiadakan. Kita bisa memotret dalam satu waktu hingga ratusan bahkan ribuan foto, selama memiliki memori penyimpanan data yang cukup. Namun demikian, pada kamera D-SLR terdapat yang dikenal dengan istilah shutter count, yaitu rekaman jumlah jepretan yang dilakukan oleh shutter pada kamera. Setiap kamera D-SLR, memiliki shutter count atau estimasi “masa hidup” shutter. Pada pengujian pabrik, kamera D-SLR kelas menengah mampu mencapai 50ribu jepretan. Sedangkan pada kamera D-SLR kelas atas bisa mencapai diatas 100ribu jepretan tanpa masalah. Jadi, kamera D-SLR memang cocok untuk pemula dalam belajar, asalkan ketika belajar, kita tetap memiliki konsep memotret, berpikir dulu sebelum memotret, sehingga tidak membuang-buang usia shutter.
4. Resolusi Kamera D-SLR (megapiksel)
Kamera Digital memberikan pilihan pada kita untuk menentukan seberapa besar resolusi yang kita butuhkan. Saat ini, kemampuan resolusi kamera D-SLR sudah mencapai 12 mp. Semakin besar ukuran resolusi kamera, semakin besar pula memori yang dibutuhkan untuk menyimpan gambar saat pemotretan. Pada dasarnya, resolusi kamera pada ukuran 10 mp, misalnya, resolusi maksimal mencapai 3872 x 2592. Namun untuk kebutuhan pemotretan biasa, resolusi sebesar itu akan memakan memori besar, oleh sebab itu, pada kamera D-SLR selalu dilengkapi dengan pilihan max resolusi dan low resolusi, agar kita bisa memilih sesuai kebutuhan. Banyak fotografer profesional masih menggunakan resolusi 6 mp, karena masih dirasa cukup untuk membuat foto yang baik. Pemilihan resolusi besar biasanya untuk keperluan cropping gambar nantinya. Selain itu, resolusi bukan lah segalanya. Pada kamera digital, penentuan resolusi tidak serta merta berkaitan dengan ketajaman gambar. Pada kamera D-SLR, ketajaman gambar lebih ditentukan oleh kelas lensa yang digunakan.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu diketahui ketika kita mau membeli kamera D-SLR… mudah-mudahan bermanfaat…


494 thoughts on “Panduan Memilih Kamera DSLR

    umar said:
    Mei 18, 2012 pukul 11:06 pm

    mas saya mau nanya.sy punya camera canon rebel t3.
    sy mau bertanya maslah shutter pd camera canon rebel t3 mempunya batas jepretan maksimal sampe brp ribu jepretan.dan apabila dikemudian hari shutter saya habis apa tanda2 ny dan apa bisa diganti lgi mas.
    trimah kasih atas jwb nya mas

      imajiplus responded:
      Mei 20, 2012 pukul 1:09 am

      sampai saat ini, belom ada yang tau seberapa banyak usia SC sebuah kamera digital, selain pabrikannya. tapi tanda2 SC sudah mendekati usia “dead” nya, biasanya ketika shoot, sedikit lama dari biasanya. Gambar yang ditangkap tidak setajam seperti biasa. Agak lemot ketika merekM GAMBAR. demikian… oiya… kalo SC habis, bisa diganti kok… cuma biayanya lumayan

    amal said:
    Mei 26, 2012 pukul 2:16 pm

    tips nya oke sekali ini, thanks,, :) tapi saya masih dilema ini antara nikon d3100 sama canon powershoot g 12 , baru pemula sih,,, ada saran tdk mas untuk milih dslr atau powershoot ? trimakasih jawbnya

      imajiplus responded:
      Mei 26, 2012 pukul 10:33 pm

      jelas, kedua kamera tersebut beda kelas… yang pertama DSLR, yang kedua Prosumer..
      tergantung anda, mau pakai kamera sekelas SLR yang bisa ganti2 lensa (sesuai kebutuhan, dan yang pasti kualitas lensa akan mempengaruhi hasil gambar), atau pakai kamera jenis prosumer tadi, yang lensanya sudah fix, memiliki setting layaknya kamera digital saku, tapi bisa digunakan seperti kamera SLR. semua tergantung kebutuhan… :)

    Demi Angel said:
    Mei 30, 2012 pukul 1:47 pm

    om ,emang apa bedanya sih kamera yg ukuran d nya lbh kecil sama ukuran d nya yg lbh besar???

      imajiplus responded:
      Juni 3, 2012 pukul 10:48 pm

      maksudnya d nya lebih kecil atau besar apa? d itu apa? maaf saya kurang ngerti pertanyaannya….

        Demi Angel said:
        Juni 4, 2012 pukul 4:22 pm

        Di kamera Cannon atau Nikon ada tulisan di kanan atas D1100/D350/D90/D1… itu apa maksudnya om?

        imajiplus responded:
        Juni 8, 2012 pukul 10:18 am

        itu seri kameranya. Nikon D1100, Nikon D350, Canon EOS 60D, dsb..

    amalia said:
    Juni 8, 2012 pukul 11:40 am

    mw tanya. jenis kamera yg bagus n cocok buat yg pengen blajar fotografi iku apa ya?
    n harganya juga terjangkau.

      imajiplus responded:
      Juni 8, 2012 pukul 12:39 pm

      untuk pemula yang ingin belajar memotret pakai kamera DSLR, pilihan kameranya banyak. kalau kamera Nikon bisa pakai seri D3100, atau D5500 (sedikit lebih mahal), dengan lensa kit (lensa paketan nya). Sedangkan untuk Canon bisa pakai 1100D atau eos 550D atau 600D yang sedikit lebih mahal, juga dengan kit. Untuk harga, silahkan buka camera.co.id sebagai gambaran. #imajiplus

    giant archi said:
    Juni 18, 2012 pukul 5:40 pm

    Mau tanya mas..seberapa jauh beda kualitashasil jepretan antara kamera DSLR yang untuk pemula dengan yang untuk pro? Klo ada beda di bagian apa?

      imajiplus responded:
      Juni 19, 2012 pukul 1:56 pm

      untuk pembedaan kualitas dari hasil jepretan memang agak sulit untuk membandingkannya bagi mata awam. Biasanya, beda kamera kelas pro dengan kamera pemula adalah terdapat pada fasilitas kamera. Untuk kamera kelas pro, memiliki fasilitas pemotretan yang lebih kompleks, sehingga fotografer lebih bebas dalam berekspresi, menggunakan keahliannya dalam memakai fitur2 yang ada di kamera sehingga menghasilkan foto yang berbeda dari pada fotografer pemula. Dan yang pasti, lensa yang digunakan juga akan mempengaruhi hasil foto secara keseluruhan, terutama pada sisi ketajaman gambar. Tapi bukan berarti kamera kelas pemula gak bisa menghasilkan foto yang lebih bagus.. semua tergantung fotografernya… demikian.. #imajiplus

    tora said:
    Juni 27, 2012 pukul 1:32 am

    mas saya nubie nich, mau nanya mas, ane rencana bingung pengen beli eos 60d atau 600d maklum duit ane mepet, kira2 mending saya beli eos 600d + 18-55 + 50 atau eos 60d 18-55 aja, trus satu lagi fungsi panel lcd yang terletak di atas pada eos 60d itu buat apa ??? makasih mas sebelumnya.

      imajiplus responded:
      Juni 27, 2012 pukul 1:20 pm

      kalau dilihat spesifikasi 60D dengan 600D, memang lebih unggul 60D di beberapa fitur, seperti kecepatan hingga 1/8000, sudah pakai pentaprisma bukan pentamiror, kecepatan hingga 5,3 fps, cross type focus point nya 9. Jelas lebih unggul 60D apalagi kelasnya juga kelas semipro (cirikhasnya ada layar LCD di bagian atas body kamera yang berfungsi untuk pengaturan kamera dengancara cepat, hanya menekan tombol2 saja). Cuma dari segi harga, jika kita bandingkan memang lebih mahal 60D. Jika kita beli 60D + kit 18-55IS sama dengan harga 600D + kit 18-135IS. Jadi sesuaikan aja dengan budget, apalagi kalau kameranya untuk belajar, mending beli aja kamera pemula dengan berbagai pilihan lensa yang kita butuhkan. Toh, saya sering bilang yang penting itu yang memotretnya bukan alat nya. hehe…. #imajiplus

    tora said:
    Juni 27, 2012 pukul 3:55 pm

    Makasih mas buat infonya, sangant membantu sekali !!! ini tadi saya udah hunting di toko kamera, dan kayaknya bakalan milih eos60d aja buat pengganti eos 450d saya. biarpun harus nunggu sebulan lagi, cz budget skr masih kurang, hihihi !!! dan sekali lagi saya ucapkan TERIMA KASIH BUAT IMAJIPLUS

    paidjo.web.id said:
    Juli 13, 2012 pukul 1:47 pm

    pingin sekali mempunya kamera DSLR, tapi ada SCnya ini yang bikin berfikir2 lagi..

      imajiplus responded:
      Juli 13, 2012 pukul 3:34 pm

      gak usah dipikirin SC nya mas, yg penting, jangan motret asal2an.. semuanya difikirkan sebelum mengeksekusi tombol shutter. :)

    witcaksono said:
    Juli 16, 2012 pukul 10:51 am

    mas gwe punya budget 6 jt kira2 kamera dslr apa yang mumpuni……..
    dapat yang midrange nggak ya….

    thx salam

      imajiplus responded:
      Juli 16, 2012 pukul 10:34 pm

      EOS 550D kit 18-55 , atau Nikon D5100 kit 18-55 cuma nambah dikit kalo gak salah…
      atau Sony Alpha SLT A35 kit 18-55…kalau mau midrange memang harus ada tambahan dana sedikit.. untuk lebih jelas gambarannya, browse aja camera.co.id
      salam imajiplus.

    gewi said:
    Juli 21, 2012 pukul 9:48 pm

    mas,apa perbedaan eos T3 sama 1100D?baik dari segi apa saja.. harganya kok lebih mahal eos T3?

      imajiplus responded:
      Juli 22, 2012 pukul 8:10 am

      eos T3 kalau gak salah nama lain 1100D, jadi gak mungkin lebih mahal. seri T3 untuk wilayah Amerika, masuk ke Indonesia jadi 1100D. kalau Rebel T3i, baru lebih mahal, soalnya itu nama lain dari 600D. Beda kelas.. demikian .. #imajiplus

    yang hai ching said:
    Juli 24, 2012 pukul 1:34 pm

    mas ,minta saran donk ,kalo bagi pemula,bagusan nikon d320 atau eos60d,

      imajiplus responded:
      Juli 25, 2012 pukul 12:11 am

      nikon d3200 kali ya??…
      kamera yang ditujukan untuk kelas pemula memang d3200. sedangkan eos 60D itu kelas middle..
      tapi kalo dibilang bagus mana,,, yaaa beda merk, jadi tergantung selera.. memang kalau dibandingkan, kelasnya beda.. jadi menurut saya gak sepadan kalau mau dibandingkan..harganya saja jelas jauh beda.. :) demikian.. #imajiplus

    yang hai ching said:
    Juli 25, 2012 pukul 1:54 pm

    oh ya mas jika di bandingkan hasil fhoto eos 60d dengan nikon d3200 yang mana lebih bagus,terima kasih ya mas atas dan tanggapan,thanks

      imajiplus responded:
      Agustus 9, 2012 pukul 12:57 pm

      beda persepsi… dan tergantung kesukaan, karena karakteristik nikon dan canon beda.

    hendry said:
    Agustus 8, 2012 pukul 7:52 pm

    Mas,mao tanya,, klo eos 450D canon, dendan 550D bagusan yg manaya?

      imajiplus responded:
      Agustus 9, 2012 pukul 12:56 pm

      ya jelas 550D dong.. dari usianya saja lebih muda 550D. apalagi bicara fitur, lebih tinggi 550D. #imajiplus

    Syifa said:
    Agustus 18, 2012 pukul 5:47 pm

    Tips nya bermanfaat banget. :)
    Makasih ya. mas.
    Btw. Saya baru beli EOS Rebel T3, di ujung kanan atas di layar LCD ada tulisan spt 100 – xxxx gitu maksudnya apa ya?
    itu SC nya atau bukan? saya daritadi download software untuk cek SC, tp ga bisa. :(
    hmm.. SC ngaruh banget ga untuk DSLR?
    *khawatir SC*
    Maaf banyak tanya, ane pemula. hehe.
    Makasih

      imajiplus responded:
      Agustus 18, 2012 pukul 11:32 pm

      itu nomer untuk membedakan nama file aja… bukan penomeran SC, karena sampai sekarang gak ada produsen kamera yang memberitahu berapa SC sebuah kamera DSLR produksinya. Kalau dikasih tahu, mungkin akan membuat konsumen kamera mikir berkali2 untuk beli kamera DSLR. Kalau kamera Nikon DSLR, ada program yang bisa digunakan untuk membaca sudah berapa SC yang digunakan (bukan melihat berapa sisa SC ya..), kalau canon, memang tidak ada program free yang bisa digunakan, selain kamu datangi datascrip (servis center canon), terus minta tolong bacakan sudah berapa SC yang digunakan sebuah kamera.
      Sebenarmya, SC itu hanya menentukan berapa usia sensor kamera DSLR (kalau ibarat mobil, timing belt nya lah…), semakin mendekati usia mati SC, biasanya sensor kamera akan menemui beberapa error, misalnya susah untuk menemukan titik fokus, warna yang dihasilkan tidak seperti pertama kali dibeli, lama dalam membaca, dsb.. jadi kalau dibilang ngaruh, ya ngaruh,, kalau dibilang biasa aja,,, ya biasa aja.. namanya barang elektronik , pasti ada usianya, seperti layar LCD TV, yang mampu menyala selama 10000 jam, misalnya.. setelah lewat perkiraan masa itu, layar akan memudar, atau akan matot… yang penting, sebelum menekan tombol jepret (shoot), pikirkan dulu konsep memotretnya, sehingga gak kebuang percuma tuh SC, jadi kamera bisa awet.. #demikian.. imajiplus.

    Syifa said:
    Agustus 18, 2012 pukul 5:50 pm

    ohiya. Tadinya saya mau belinya Nikon D3100, tp ternyata beda fokusnya sm Canon Rebel T3, krn fokusnya lebih besar drpd Nikon D3100, akhirnya saya beli nya Canon Rebel T3.

      imajiplus responded:
      Agustus 18, 2012 pukul 11:41 pm

      tapi menurut saya, D3100 lebih unggul dibanding T3 (1100D), seperti :
      D3100 memiliki:
      Layar LCD lebih besar; noise yang lebih sedikit pada ISO tinggi; bit warna yang lebih tinggi; kualitas gambar lebih baik; memiliki self cleaning sensor; video autofokus; 14 MP; ukuran lebih kecil; fokus point lebih banyak (11);
      sedangkan kelebihan rebel T3 (1100D);
      memiliki motor autofokus sendiri, batre lebih awet, viewfinder lebih luas, ringan, dan lebih murah….

    paredos said:
    Agustus 22, 2012 pukul 11:07 pm

    mas bro, mau nanya nich, berapa ya biayanya kalo mau ganti SC, dan sensor, tengkyu

      imajiplus responded:
      Agustus 23, 2012 pukul 11:38 am

      kalau SC nya habis, yang diganti memang sensor kameranya… kalau harga saya gak begitu tau, tapi kantor saya pernah ganti sensor untuk kamera DSLR olympus, kena biaya 2 juta kurang… yah.. kurang lebih sekitar segitu kayanya,,, atau bisa lebih murah karena sekarang kan makin murah harga kamera… hope… hehe

        haris said:
        Februari 23, 2013 pukul 10:36 am

        mas bro mau tanya, ane mau rencana beli kamera neeh.. tapi masih bingung, mau yg nikon D3200 atau D5100, tolong pencerahannya donk om.

    Desta said:
    Agustus 31, 2012 pukul 7:06 pm

    Mas mau tanya saya baru pertama ini beli kamera, dan sya mahasiswa design sya bingung antara memilih camera yang untuk pemula dan semi pro…karena ada yang bilang tanggung kalau beli yang untuk pemula karena akhirnya di kuliah akan diajarkan pakai kamera secara manual dan akhirnya akan butuh yang semi pro…sebenarnya beda kamera untuk pemula dan semi pro itu apa mas?? apa kamera semi pro lebih sulit untuk dipelajari pemula? dan menurut mas sebaiknya saya memilih yang untuk pemula atau semi pro saja langsung?? tengkyu mas sebelumnya..

    Desta said:
    Agustus 31, 2012 pukul 7:07 pm

    O ya mas yang saya maksud saya bngung memilih kamera untuk pemula atau semi pro itu antara 600D dan 60D…

      imajiplus responded:
      September 2, 2012 pukul 8:13 am

      Desta,, kamera entrylevel (pemula) dengan middle (semipro/ pro), sebenarnya hanya berbeda pada fiturnya yang lebih mudah digunakan pada entrylevel. beberapa kamera malah memberikan fitur pembelajaran, misalnya ingin memotret landscape, maka kita bisa meminta kamera menunjukkan settingan data teknis yang sebaiknya digunakan. sedangkan pada kamera semipro/ pro DSLR, umumnya fiturnya lebih kompleks. ciri kameranya juga memiliki 2 layar LCD untuk tampilan menu. nah, pertimbangan bagi pemula, sebenarnya budget saja. kalau dananya cukup, sebaiknya memang beli saja 60D. tapi kalau tidak, 600D juga sudah mumpuni kok. apalagi pertimbangkan juga anda yang sebagai pemula, akan sering melakukan pemotretan coba2.. ini akan terkait dengan masa pakai shuttercount kamera. tapi selama anda menggunakan kamera dengan bijak, dalam arti anda pikirkan dulu ketika akan memotret, (dalam bahasa saya, sebelum memotret, pahami dulu konsep memotretnya, baru shoot!), maka tidak akan mubazir kalau anda langsung beli kamera 60D. silahkan dipertimbangkan..#imajiplus

    aini said:
    September 3, 2012 pukul 1:26 pm

    halo mas, jujur saya pemula nih untuk masalah dslr and saya mau tanya soalnya saya bingung antara canon 600d atau nikon d1100? saya sempat googling untuk review nikon d1100 tapi sangat minim dan apa benar canon 600d dan nikon d1100 itu beda level? jd susah untuk dibandingkan? oya saya itu kebetulan suka dtg ke konser2 untuk memotret dan merekan video dari indoor maupun outdoor tapi seringnya pake camera pocket dan makanya skrg tertarik untuk membeli dslr tp dilema antara ke2 itu atau ada saran lain lebih baik saya pilih dslr yg mana untuk hobi saya itu? terimakasih sebelumnya dan maaf byk tanya >.<

      imajiplus responded:
      September 7, 2012 pukul 6:21 am

      nikon d1100? setahu saya itu seri canon 1100d. dan jelas beda level. 1100d itu entrylevel, 600d medium. untuk merekam video, 600d sudah oke kok.

    jack said:
    September 15, 2012 pukul 7:29 pm

    Mas, membandingkan yang sama kelas dengan canon 1100 D itu merek apa saja, terutama dibandingkan dengan serinya Nikon. lalu kelebihan dan kekurangan dari produk yang dibandingkan itu apa saja (masing2). thanks

      imajiplus responded:
      September 17, 2012 pukul 3:28 pm

      kelas entry level di nikon adalah D3100 atau sekarang D3200. oke saya ambil yang terbaru aja ya.. D3200 nikon.
      kalau dilihat spesifikasi D3200 jelas lebih tinggi dibanding entry levelnya canon 1100D. diantaranya:
      kualitas gambar yang jauh lebih baik, noise yang jauh lebih sedikit pada ISO tinggi, resolusi 24,1MP, best video resolusi dan fasilitasnya, sensor APS lebih besar, dan banyak lagi…. kekurangan D3200 dari 1100D, batere lebih boros, tidak punya built in focus motor. demikian…#imajiplus

    jack said:
    September 17, 2012 pukul 4:12 pm

    oke, makasih. nah membeli kamera kan katanya tergantung kebutuhan dan pemakai. saya juga mau tanya nih-mengingat nantinya hanya untuk koleksi foto aja sih- apakah memang disarankan membeli kamera yang lensa fixed aja, sehingga tidak perlu perawatan ekstra seperti pada DSLR yang peka debu dan cuaca? jenis dan merek apa saja yang disarankan?apakah emang ada kamera seperti yang saya maksud-tentunya dengan cita rasa DSLR-??? tks infonya

      imajiplus responded:
      September 23, 2012 pukul 3:49 pm

      semua kamera membutuhkan perawatan. semakin baik kita merawat kamera, semakin awet. jadi gak hanya DSLR aja. misalnya, kamu punya kamera saku, habis pakai langsung taro dimana saja, tanpa melepas batre, simpan dalam lemari baju, ya… tetap saja akan cepat rusak atau berjamur. untuk hobi koleksi foto, pakai kamera DSLR entry level juga sama mudahnya dengan kamera saku, kelebihan DSLR, lensanya satu saat bisa kita tukar sesuai kebutuhan. ada sih kamera prosumer, yaitu kelas antara kamera saku dengan DSLR, cirinya kamera tersebut memiliki bentuk yang mirip dengan DSLR, tapi lensa tidak interchangeable. ada nikon seri coolpix, atau canon seri powershot G, lumix, sony, dan merk lain banyak juga yang mengeluarkan seri prosumernya. jadi ada, kamera saku dengan citarasa SLR ya… silakan berburu prosumer..

    david said:
    September 22, 2012 pukul 5:18 pm

    Mas mw tanya juga,. kalau kita beli kamera tato lah canon 1100D itu dapet nya apa aja mas…. misal charger? atau cable apa ja?

      imajiplus responded:
      September 23, 2012 pukul 3:19 pm

      biasanya standar aja, body kamera, dengan batre & charger serta buku manual. kotak lensa biasanya terpisah. gak ada kabel data atau sejenisnya

    ANAK RANTAU said:
    September 23, 2012 pukul 7:28 pm

    mas sy mau tanya , klu mau beli camera sy di tawarin rebel t3 , tapi sy msh ga tau bagus mana ya rebel t3 dengan 600d ? makasih

      imajiplus responded:
      September 24, 2012 pukul 7:15 am

      rebel T3 itu nama lain 1100D. jelas kalau dibandingkan dengan 600D secara spesifikasi lebih tinggi yang terakhir. jadi bisa disimpulkan mana yang bagus ya…. :)

    faa said:
    September 24, 2012 pukul 7:49 pm

    mas mo nanya,kl melakukan pembelian di camera.co.id bs d jamin aman ga?

      imajiplus responded:
      September 24, 2012 pukul 10:10 pm

      saya gak pernah beli disana.. :) itu biasanya saya pakai buat rujukan harga aja.belinya langsung ke toko kamera..

    onyx said:
    September 29, 2012 pukul 9:34 am

    saya pingin beli camera canon tanpa lensa tambahan yg bisa ambil obyek yg sangat lebar dengan jarak pengambilan dekat

    onyx said:
    September 29, 2012 pukul 9:36 am

    tolong pilihkan type camera canon seperti yg saya maksudkan diatas, budget 6 jt, trims ya

      imajiplus responded:
      September 30, 2012 pukul 10:00 pm

      mohon maaf… pertanyaannya kurang jelas.. maksudnya beli canon tanpa lensa tambahan???

    yanti said:
    Oktober 9, 2012 pukul 4:01 pm

    Mas, saya diberikan pilihan sama kantor ni, ambil Nikon D7000 atau Canon 650 D, ya. Keperluan lapangan dan kadang2 utk indorr juga. trims

      imajiplus responded:
      Oktober 9, 2012 pukul 4:28 pm

      saya lebih prefer pilih d7000, karena kelasnya saja sudah beda mba.. cuma 650D kelebihannya touch screen, yang menyenangkan kalau kameranya suka dipakai merekam video.. tapi untuk fotografi, saya lebih suka d7000, sebab seri ini sudah masuk kelas semipro.. dan memiliki 2 slot memory, sehingga bisa menampung gambar lebih banyak. sensor sudah lebih besar dibanding 650D dan sudah pentaprisma, bukan pentamirror seperti kompetitor yang mba tanyakan.. demikian… :)

        Mepat dre said:
        Desember 20, 2014 pukul 12:27 am

        maaf bang,ane uda motong dialog ente..Bang, kalau eos 60D make pentaprisma/pentamirror ?
        Dan enaknya motret dgn lensa sigma tipe apa?

        imajiplus responded:
        Desember 20, 2014 pukul 6:15 am

        Penta prisma. Kalau untuk lensa subtitute, seperti sigma for canon, gimana kebutuhan aja. Yang jelas, kualitas lensa berbanding lurus dengan harganya. 😄

    ayas said:
    Oktober 9, 2012 pukul 8:47 pm

    Mas saya udah punya Canon 600D, awalnya saya ngebet banget pengen beli Nikon d3100. karena ada sesuatu hal akhirnya saya ambil Nikon 600D. yang jadi pertanyaan pilihan saya ini udah tepat gak mas.? mengingat perbedaan dari keduanya..
    terimah kasih..

      imajiplus responded:
      Oktober 10, 2012 pukul 2:54 pm

      kalau dari seri, berbeda kelas. jadi untuk fitur lebih baik 600D. sudah punya motor focus sendiri, jadi bisa pakai lensa autofokus apapun. juga memiliki lcd flip.

    aziz said:
    Oktober 11, 2012 pukul 9:14 pm

    Mas bro, saya pemula d dunia fotografer, mau tanya mending pake nicon 3100d atau canon 1100d ya gan????

      imajiplus responded:
      Oktober 12, 2012 pukul 8:29 am

      saya prefer D3100, kelebihannya bisa di baca di uraian tentang kamera pada blog ini.. :)

        aziz said:
        Oktober 12, 2012 pukul 10:55 am

        Kalo nicon 3200 vs canon 550d????

        Oh ya d canon kan ad auto focus ( motor ) pengaruh ga? Soalnya d nicon ga ad ya

    aziz said:
    Oktober 12, 2012 pukul 5:57 pm

    Lebih bagusan mana antara canon eos 550d dengan nicon 3200d???

    Tolong bantu memilih

    sam said:
    Oktober 13, 2012 pukul 5:15 pm

    mas kalau antara d3200,d5100,650d anda prefer yang mana?

      imajiplus responded:
      Oktober 14, 2012 pukul 8:08 pm

      untuk 3 pilihan itu, saya prefer d5100.. why? because it’s nikon.. hehe, tapi 650D kelebihannya cukup baik dari segi fitur untuk videoshoot.

    indra said:
    Oktober 16, 2012 pukul 11:21 am

    mw tanya dong mas ,, kalo canon 1100D dibandingin dengan T3 mana yang lebih unggul ??
    trus spesifikasi canon 1100D kan untuk pemula , nah T3 sama ga ??
    mw tanya juga masalah lensa fix , lg nabung bwt beli lensa itu tp gatau psaran sbnernya brp trus takut lensa itu udh smpet dpake2 bwt nyontohin consumer dari hasil lensa fix tsb ..
    ada pencerahan ga mas untuk mslah lensa fix itu ?? thx sblmnya ..

      imajiplus responded:
      Oktober 16, 2012 pukul 2:27 pm

      apa bedanya? ya gak ada kaya’nya.. soalnya 1100D dengan T3 itu satu produk, atau AKA… alias… hehe, silahkan lihat https://imajiplus.wordpress.com/beli-kamera/canon-eos-1100d-rebel-t3/
      lensa fix bekas maksudnya atau baru? untuk pasaran silakan lihat camera.co.id , kalau beli baru, biasanya masih BNIB alias brand new in box… jadi gak mungkin dicoba-coba… belinya di toko kamera resmi kalau mau aman.. demikian…

        tiur said:
        Januari 7, 2013 pukul 12:01 pm

        Mas aq baru beli Rebel T3i harganya 8jtaan .. Tdnya mw beli 650D pas sjajarin hasilnya koq lbbh bgus rebel ya .. Sbnarnya rebel itu apa dan gmn si ?

        imajiplus responded:
        Januari 7, 2013 pukul 1:43 pm

        inilah yang membuat bingung pengguna canon di indonesia… istilah rebel membuat ribet.. hehe
        menurut pemantauan saya,,, rebel itu adalah tipe kamera canon yang diperuntukan untuk para penggemar fotografi yang aktif (mulai dari pemula sampai hobbiest).. sedangkan seri rebel kebanyakan digunakan untuk pasar US dan Eropa.. sedangkan masuk ke sini berubah seri.. seperti rebelT3 itu untuk 1100D , sedangkan Rebel T3i itu untuk 600D… nah bingungkannn.. saya aja bingung.. hehe

    puzpa said:
    Oktober 18, 2012 pukul 1:47 pm

    saya bingung, enaknya beli canon 550d atau 600d ya mas?

      imajiplus responded:
      Oktober 18, 2012 pukul 8:18 pm

      2 kamera ini sama saja pada fitur, bedanya 600d pakai layar flip.. tinggal pilih aja, mana yang kamu suka….

    Mr. Barita said:
    Oktober 18, 2012 pukul 3:13 pm

    Mas permisi mau nanya saya punya nikon d5000 beli bekas dari kawan… tapi layarnya ada cacat hitam dikit2 disetiap sudut… jadi mau nanya kalo ganti layarnya mahal ngak yaaa.. Trimaksih…

      imajiplus responded:
      Oktober 18, 2012 pukul 8:20 pm

      layar yang mana? layar LCD nya? mengenai harga saya gak begitu tahu… tapi kalau layar LCD, gak berpengaruh pada kinerja kamera. tapi kalau bintik2 muncul pada saat shoot, kemungkinan ada kerusakan pada sensornya, atau ada jamur pada lensa, banyak kemungkinannya…

    Mr. Barita said:
    Oktober 18, 2012 pukul 3:14 pm

    ada lagi mass mau nanya soryy… kalo sc nya lemot itu brapaan ya setau mas untuk D5000

      imajiplus responded:
      Oktober 18, 2012 pukul 8:21 pm

      kalau SC lemot, berarti sudah mulai kena.. jadi harus ganti.. dulu saya pernah ganti SC kamera Olympus punya kantor, habis juga sekita 1,5 juta… :)

    Erik said:
    Oktober 19, 2012 pukul 11:48 pm

    Salam imaji.
    Mas, review antara Canon EOS 600d vs CANON EOS 550d pada tahun lalu kebanyakan mengupas soal harga kedua kamera tersebut yg terpaut jauh tetapi dengan fitur yg hampir sama pada kedua kamera. Menurut Anda, jika seperti saat ini Canon EOS 600D lebih mahal sekitar 300rb dari Canon EOS 550d, manakah yang Anda pilih??. Terima Kasih :)

      imajiplus responded:
      Oktober 21, 2012 pukul 7:15 pm

      kelebihan dari 600D memiliki flip LCD… jadi untuk mengambil video. fitur…??? seimbang.. so,,, tergantung anda, mau pakai kamera dengan LCD flip, atau tidak.. demikian… :D

    widiatmoko said:
    Oktober 22, 2012 pukul 8:28 pm

    Mas mohon ulasan singkat tentang canon eos 1000D untuk pemula apakah fitur-fiturnya sudah cukup untuk pemula? kemudian apabila nanti pengen ganti lensa apakah mudah mendapatkannya? oh ya untuk nikon dan canon itu bagusan mana mas?
    terima kasih sebelumnya

      imajiplus responded:
      Oktober 23, 2012 pukul 11:27 am

      udah ada di review kamera. lihat: https://imajiplus.wordpress.com/beli-kamera/canon-1000d/
      kalau merk, tergantung kesukaan.. sebaiknya tentukan dari awal, apakah ingin pakai canon, atau nikon. karena sebaiknya kita memahami betul kamera yang kita gunakan. penentuan merk kamera akan membantu kita sebagai fotografer pemula memahami fitur-fitur kamera atau menu kamera. jadi tergantung kebiasaan… demikian

    j.adriant said:
    Oktober 25, 2012 pukul 10:11 pm

    Mohon nanya,
    1. dari merk olympus, nikon, dan sony, tipe brp yg setara dg canon 650D
    2. Apakah benar bahwa lensa kit kualitasnya jelek, dan sebaiknya beli kamera BO + lensa merek lain ?
    3. Diantara option no 1 diatas, mana yg paling jarang rewel dan merk mana yg customer support nya paling ok
    4. Kalo diantara pilihan no 1 diatas, sy beli yg +lensa kit, mana yg kualitas lensanya paling bagus ?
    Terima kasih.

      imajiplus responded:
      Oktober 26, 2012 pukul 10:16 pm

      1. Olympus saya belum dapat data terbaru, yang ada E5, tapi masih tak sepadan dengan 650D. Nikon D5100, Sony..??? saya kurang paham.. :)
      2. Siapa bilang, ..?? :) gak selamanya begitu, saya lebih percaya sama siapa yang motret… hehe…
      3.tergantung pemakaian.. dan no comment… (no offense)..
      4. kualitas lensa kit semuanya standar bawaan masing2 produsen kamera… jadi tergantung kesukaan anda.. kalau ditanya saya pilih yang mana, jelas saya lebih milih brand nikon.:)
      semoga bermanfaat..

    Johny said:
    Oktober 26, 2012 pukul 3:03 pm

    pak, mohon bantuannya memberi referensi SLR merek Sony yg setara dg Canon 650D. Dan kalo dibandingkan antara Canon ato Sony, mana yg kualitas lensa nya lbh baik ? Trims.

      imajiplus responded:
      Oktober 26, 2012 pukul 10:19 pm

      maaf.. kalau sony saya gak begitu paham…

    AR said:
    Oktober 28, 2012 pukul 2:18 pm

    boleh minta pendapatnya, lebih bagus Canon EOS 1100D atau Nikon D3100? terima kasih.

      imajiplus responded:
      Oktober 29, 2012 pukul 3:02 pm

      saya sudah pernah memjawab ini, coba cek komentar2 sebelumnya… :)
      sekilas aja ya… D3100 lebih unggul dibanding 1100D dari sisi fitur dan perangkat…

    Anin said:
    Oktober 30, 2012 pukul 6:16 pm

    mau tanyaa nihh, lebih unggul canon 450d atau nikon d3000? apaaja kekurangannya ya? mohon pencerahannyaaa;-) trimakasih:)

      imajiplus responded:
      Oktober 31, 2012 pukul 5:27 pm

      kalau dari segi fitur, ungggul 450D. sudah punya live view. dan sudah memiliki built in focus motor (bisa pakai lensa apa aja.) demikian…

        Anin said:
        Oktober 31, 2012 pukul 6:54 pm

        tapi kayaknya 450d udah ga ada yg baru ya:/ mau tanya lagiya:D kalau nikon d90 sama nikon d3000 bagus mana? trims;)

        imajiplus responded:
        November 6, 2012 pukul 9:02 am

        iya.. 450d sudah diskontinyu.
        ya tinggian d90 dong.. kelasnya sudah beda itu…

    wira said:
    November 3, 2012 pukul 6:05 pm

    mas saya “pemula” mau nanya nih, bagusan mana antara nikon sama canon utk foto outdoor…
    1 lagi mas, antara 2 brand ini apa kelebihan n kekurangan nya dlm hal foto indoor n outdoor

      imajiplus responded:
      November 5, 2012 pukul 11:03 am

      saya gak akan membandingkan untuk bilang bagus yang mana antara canon dengan nikon. Karena masing2 fotografer punya alasan sendiri memilih kedua brand terkenal tersebut. Jadi silakan saja anda memilih sesuai hati, karena masing2 merk tersebut punya kelebihan dan kekurangan yang mungkin masing2 pengguna punya alasan sendiri. jadi tidak bisa objektif. sesuaikan saja dengan budget keuangan anda, dan yang pasti mau pakai kamera merk apapun, kalau kita memotret dengan konsep yang baik, pasti hasilnya juga baik… demikian.. tips dari saya: coba test saja pemotretan dengan kedua merk itu, pinjam saja kamera yang ada pada teman anda, lihat mana yang menurut anda menarik hasilnya… (dengan catatan kelas kameranya sama atau selevel ya…)

    Maulana said:
    November 4, 2012 pukul 11:53 pm

    Apakah fleksibel atau layar yang ada pada canon 600d tidak cepat rusak, karena dia flip LCD atau bisa di putar”

      imajiplus responded:
      November 5, 2012 pukul 11:06 am

      tergantung pemakaian.. kalu kita rawat, ya bisa awet… tapi kalau pakainya sembarang, ya akan cepat rusak. tapi produsen kamera sudah membuat sedemikian rupa untuk bisa digunakan maksimal. hanya kita juga harus merawatnya dengan baik supaya umurnya panjang…

    rin said:
    November 5, 2012 pukul 12:02 pm

    aq pengennya kamera dslr yg noice kalo bisa tidak ada, trus batre ga boros,bisa ganti2 lensa,bagus untuk in / outdoor, ada lcd buat liat hasil,hasil gambar tajam,ada anti debu sperti yg prnah aq dnger,bisa zoom sampai jarak 100-150 meter atau lebih dg hasil cukup jelas detail dan tajam, gambar yang di hasilkan tidak bohong atau bisa potret gambar dg sama dg objek ga kekuning2an atau kebiru2an dll,ditempat sedikit cahaya juga bagus hasilnya. Di dompet cm 5 jt. Ada ga om??

      imajiplus responded:
      November 6, 2012 pukul 8:42 am

      yang pertama, noise pasti akan ada pada setiap DSLR, apalagi kalau menggunakan iso tinggi, cahaya gak mendukung, sensor sudah uzur. kedua, namanya peralatan elektronik, pasti batre akan banyak digunakan, boros tidaknya juga tergantung dari usia batre. ketiga, DSLR pasti bisa ganti lensa. keempat, Lcd pasti ada, itu sudah cirikhas dslr. kelima, antidebu juga sudah include. keenam, tinggal cari lensa 200mm ke atas, gambar yang dihasilkan pasti gak bohong, kecuali dimanipulasi digital pake sotosop.., warna tergantung setting kamera. tempat sedikit cahaya, tinggal bagaimana melakukan teknik pemotretannya, misalnya available light… nah itu semua bisa didapat dikamera dslr. budget 5 juta ??? mmmm kayanya kurang kalau mau maksimal.. hehe

        rin said:
        November 9, 2012 pukul 4:51 pm

        oke makasih jawabannya mas,nah aq udah lihat2 review dari canon 550D apa udah ga ada lagi nih yang baru?apa sudah discountinue,karena di reviewnya ga di kasi tau ni udah discountinue ap belum.

        Trus canon 550D ini ada motor auto focus di body ga? Kalo ga ada brarti harus beli lensa yang ada AF yah?mahal kan..
        Bisa manual focus ga?

        soal IS(image stabilizer) mas,ada ga di body canon 550D?apa ini cuma ada di lensa atau jg ada di kamera?maksudnya apa ada kamera yang punya IS di body bkn di lensa?

        Jadi kamera apa yang ada Motor AF di body,IS,bisa manual focus,dan berapa harganya?(yang belum discountinue) di bawah 6juta kalo ada. ^-^

        imajiplus responded:
        November 9, 2012 pukul 8:23 pm

        550d memang sudah discontinue. Tp masih ada ditoko kamera. Yang baru. Cuma ngabisin stok aja. Sudah ada motorfokus sendiri . IS ada di lensa. Semua DSLR bisa manual fokus.

    Maulana said:
    November 6, 2012 pukul 2:38 pm

    550d vs 600d, bagusan mana ??
    menurut anda

      imajiplus responded:
      November 9, 2012 pukul 5:14 am

      sama saja… satu level. yang beda cuma 600d punya flip lcd.

    fuad said:
    November 8, 2012 pukul 10:34 pm

    mas klo kamera Canon Eos 1100d Kit bagus ga untuk pemula?
    trs harganya kira2 brp?

      imajiplus responded:
      November 16, 2012 pukul 8:01 am

      lumayan.. harga cek aja di camera.co.id

    herry said:
    November 9, 2012 pukul 10:46 am

    klo lensa canon yg recomended buat pemula apa ya bang..??

      imajiplus responded:
      November 9, 2012 pukul 8:19 pm

      Beli aja lensa sapujagat 18-200

    rin said:
    November 9, 2012 pukul 4:52 pm

    oke makasih jawabannya mas,nah aq udah lihat2 review dari canon 550D apa udah ga ada lagi nih yang baru?apa sudah discountinue,karena di reviewnya ga di kasi tau ni udah discountinue ap belum.

    Trus canon 550D ini ada motor auto focus di body ga? Kalo ga ada brarti harus beli lensa yang ada AF yah?mahal kan..
    Bisa manual focus ga?

    soal IS(image stabilizer) mas,ada ga di body canon 550D?apa ini cuma ada di lensa atau jg ada di kamera?maksudnya apa ada kamera yang punya IS di body bkn di lensa?

    Jadi kamera apa yang ada Motor AF di body,IS,bisa manual focus,dan berapa harganya?(yang belum discountinue) di bawah 6juta kalo ada. ^-^

    below minima said:
    November 14, 2012 pukul 1:31 pm

    om mau nanya nih… gw bingung nih milih antara beli nikon d90 atau canon eos60d, menurut om yg mana ya? oh iya kalo canon eos60d ada motor gak di body kayak nikon d90.. thks atas saran n jawabannya

      imajiplus responded:
      November 16, 2012 pukul 8:00 am

      2 brand itu hampir setara, keduanya punya built in focus motor. pilihannya tinggal di anda, suka brand apa? hehe

    salwa said:
    November 19, 2012 pukul 7:26 pm

    mas bagusan nikon d3000 apa canon 1100 ?? jawab yaaa….

      imajiplus responded:
      November 20, 2012 pukul 7:16 am

      kalau dari segi fitu, lebih unggul 1100d, karena sudah punya focus motor sendiri. juga sudah punya tombol live view ..dan shoot movies…

    siska said:
    November 20, 2012 pukul 3:36 pm

    mas saya mau beli kamera, tapi setelah searching info saya jadi bingung utk menentukan antara Nikon d3200 atau d5100, lebih baik yang mana ya krn dari segi harga gak terpaut jauh. jadi lebih baik saya pilih yg mana?

      imajiplus responded:
      November 20, 2012 pukul 4:04 pm

      kalau dilihat fitur, masih sedikit lebih baik d5100. keungggulannya: flip out screen, punya HDR kamera, lebih murah..

    boby marchel said:
    November 23, 2012 pukul 4:35 pm

    mas mau nanya nh,,
    tamron 70-200 f2.8 bisa ngk di kamera nikon D3100??

      imajiplus responded:
      November 23, 2012 pukul 4:37 pm

      Lihat aja mountingnya. Biasanya ada tulisan for canon atau nikon.

    muharsen said:
    November 23, 2012 pukul 5:07 pm

    misi om,
    sensor APS-C tu apa y?
    trus di nikon tipe apa saja yg memiliki sensor APS-C?

    Tovix said:
    November 24, 2012 pukul 9:44 pm

    antara canon 600D sama 650D ada bedanya gag ?
    truz kalo kamera saku yang bagus itu merk/type yang gimana ???
    thx jwbnya ……

      imajiplus responded:
      November 30, 2012 pukul 12:04 am

      jelas ada,..setiap versi baru muncul, pasti merupakan perbaikan dari versi sebelumnya. seperti 650D memiliki kelebihan touch screen dan otomatis fokus saat menggunakan fitur video. sedangkan kamera saku yang bagus, untuk brand ternama pada umumnya hampir sama.. yaa.. kualitas kamera saku lah.. dan money never lies.

    Agung said:
    November 29, 2012 pukul 5:05 pm

    mau tanya, saya bingung apakah nikon d3200 memiliki autofocus? dan yg mana lebih baik jika dibandingkan dengan canon eos 600d

      imajiplus responded:
      November 30, 2012 pukul 12:06 am

      nikon d3200 punya autofokus, yang gak ada motor fokus built in. sepertinya masih lebih baik d3200 dibanding 600d, walaupun beberapa hal setara.

    inung said:
    November 30, 2012 pukul 3:56 am

    banyak teman yg menyarankan D90, sebenernya apa keistimewaannya..? mengingat produk keluaran lama… dari beberapa artikel canon lebih diminati dari pada nikon, benarkah begitu..? alasan apa yg mendasar dalam pemilihan merk tersebut…? dalam waktu dekat saya berencana beli kamera, pilihan antara D90, D3200, dan canon 600D dan masih bingung mengambil keputusan… rencana untuk di gunakan pernikahan kecil2lan di kampung, mohon pencerahan… thx

      imajiplus responded:
      November 30, 2012 pukul 2:04 pm

      hal ini sudah sering saya bahas.. silakan browse komentar sebelumnya.. tapi yang pasti kelas D90 itu berbeda dengan seri yang anda sebutkan sesudahnya. D90 adalah seri nikon semipro yang memang sangat mumpuni untuk dijadikan kamera utama, dengan segudang fitur yang sangat mendukung fotografi wedding yang anda inginkan, seperti koneksi nirkabel dengan flash nikon seri sb, penggunaan pentaprism, hingga fasilitas motor focus built in. Jadi kalau mau dibandingkan dengan kompetitor yang anda sebutkan, saya recomended D90…

    Arfan Mugianto said:
    Desember 2, 2012 pukul 12:43 pm

    Mas mau nanya,
    Saya masih awam tentang DSLR, masih pemula bangetlah. Pengen beli DSLR tapi masih ragu antara Nikon D3000 dan Nikon D3100. Kalo melihat kebutuhan:
    1. Saya suka bersepeda, paling hanya akan ambil gambar yang menurut saya menarik atau mengabadikan momen2 tertentu saja.
    2. Kamera tidak saya gunakan untuk mengambil gambar. Hanya untuk ambil gambar. Kalo bisa yang cocok untuk ambil objek di atas pohon.
    3. D3000 kalo ga salah pake sensor CCD dan D3100 pake sensor CMOS. Pernah baca artikel kalo CCD kelebihannya hasil kepretan lebih tajam tapi menguras energi baterai. Sedangkan CMOS lebih hemat untuk masalah daya.

    Mohon pencerahannya. Tengkyu.

      Arfan Mugianto said:
      Desember 2, 2012 pukul 12:44 pm

      Poin 2 maksudnya bukan untuk mengambi video. Maap?

        imajiplus responded:
        Desember 3, 2012 pukul 11:11 am

        saya prefer anda pilih d3100 karena seri yang terbarunya. semua kamera DSLR cocok digunakan untuk segala macam pemotretan, termasuk dari atas pohon.. (emang mau manjat dmana?? :) )… sensor CCD dan CMOS memang selalu di kontroversikan, menurut saya sih sekarang sudah jadi mitos. kelebihan teknologi CMOS sekarang sudah sangat jauh dengan dulu, di kamera d3100 , sensor CMOS nya yang dianggap lebih banyak menghasilkan foto2 yang baik…demikian

        Arfan Mugianto said:
        Januari 29, 2013 pukul 11:26 am

        Gini mas mau tanya lagi.
        Saya dah beli D3100. Lensa yg ada masih pake lensa kit bawaan nikon. Setelah dicoba, untuk ambil objek semisal burung di atas pohon kurang maksimal. Mungkin baiknya harus pake lensa tele. Atau baiknya gmana?

        Mohon sarannya lensa yg cocok dengan body itu.

        Terima kasih atas masukannya.

        Salam,
        Arfan

        imajiplus responded:
        Februari 5, 2013 pukul 9:01 pm

        lensa kitnya yang berapa? 18-55? kalau itu memang tidak maksimal.. kalau ingin memotret objek jauh , gunakan lensa tele… misalnya 55-200mm.. hasilnya akan maksimal..

    dinusaputra1 said:
    Desember 3, 2012 pukul 8:31 pm

    Mas mau tanya, saya mau beli kamera antara Nikon d5100, Nikon d3200, Canon 600d. Saya bingung mau pilih mana, mending yang mana ?
    Nomong ngomong Nikon d5100 masih ada gak ya ?
    Makasih ;)

      imajiplus responded:
      Desember 4, 2012 pukul 12:06 pm

      antara d5100 dng d3200, jelas kelasnya lebih baik d5100, walaupun dari ukuran pixelnya lebih tinggi d3200, karena lebih baru. jika dibandingkan d5100 dengan 600d, masih lebih baik yang pertama, bahkan dibandingkan dengan d3200 sekalipun. d5100 masih ada, karena belum ada penerusnya…

        dinusaputra1 said:
        Desember 4, 2012 pukul 2:46 pm

        oke, makasih :) tapi kalau antara nikon d3200 sama 600d mendingan mana ?
        maaf tanya lagi.

        imajiplus responded:
        Desember 9, 2012 pukul 10:32 pm

        menurut saya lebih baik d3200, selain punya resolusi lebih tingggi, juga punya fasilitas video autofocus..

    aga said:
    Desember 18, 2012 pukul 6:18 am

    salam mas saya mau beli dslr,menurut mas kamera apa yg sebaiknya saya beli,nikon d3100/d3200/d5100 untuk kelas entry level atau langsung beli d90 yg udah middle?mengingat saya masih pemula dan baru mau belajar motret..trimakasih

      imajiplus responded:
      Desember 18, 2012 pukul 8:25 am

      untuk pemula, bisa pilih d3200 atau d5100.. fiturnya lebih sederhana.

    boyke ledy watra said:
    Desember 20, 2012 pukul 10:07 pm

    mau nanya mas…

    seandainya mas disuruh milih.. antara 650D dengan D5200 mas pilih mana
    saya bingun mo upgarde kamera. saya sebenarnya terbiasa dengan nikon, biasanya saya memakai nikon d5000, untuk outdoor saya merasakan nikon lebih nyaman,
    belakangan ini saya di kasih pinjam canon d600, sewaktu saya pakai saya rasa canon punya warna lebih natural di indoor..
    akhirnya saya bingung menentukan pilihan..

      imajiplus responded:
      Desember 23, 2012 pukul 11:06 am

      untuk fitur memang 650D punya kelebihan dibanding d5200, seperti touchscreen, autofocus shooting video.. cuma dari resolusi dan focus point jauh lebih baik d5200. untuk tonal warna, silahkan saja pilih mana yang lebih sesuai dengan selera… tapi kelebihan nikon, shortcut menu yang lebih memudahkan fotografer ketimbang canon… demikian.

        boyke ledy watra said:
        Desember 26, 2012 pukul 6:44 am

        terima kasih untuk pencerahannya mas, saya sangat terbantu sekali… :D
        akhirnya saya jatuh hati pada d5200…
        sukses selalu imajiplus.. :D

        jeff said:
        Januari 14, 2013 pukul 1:09 am

        permisi mas, saya mau tanya. bukannya nikon itu minim shorcut ya kayak d3000, d5000 dan masing2 penerusnya.? beda halnya dengan canon.

        imajiplus responded:
        Januari 16, 2013 pukul 2:12 pm

        maksudnya minim bagaimana mas? setahu saya, tombol pada nikon lebih memudahkan fotografer untuk melakukan setting kamera, dibanding canon yang harus masuk ke sub sub menu yang cukup panjang…

    Maulana Al Qanun Malic said:
    Desember 24, 2012 pukul 2:51 am

    kalo camera dslr yang bagus buat video recording apa yah mas dari seri nikon???

      imajiplus responded:
      Januari 5, 2013 pukul 4:10 pm

      khusus video recording, seri 5 dari nikon …misalnya d5100 atau d5200

    Maulana Al Qanun Malic said:
    Desember 24, 2012 pukul 2:54 am

    diantara d5100 sama d3100…karena saya terobsesi sekali dengan pembuatan video clip kelas entry level namun punya kualitas..hehhe

      imajiplus responded:
      Desember 25, 2012 pukul 9:20 am

      d5100… ini masuknya pada kelas tengah… sekarang ada d5200…dan yang terbaru ada d3200…,, semuanya adalah entry level..

    mega said:
    Januari 4, 2013 pukul 6:20 am

    om, saya baru beli canon rebel T3 dengan harga 5,8 padahal canon d1100 harga kisarannya 4,5. beda sangat jauh. jika rebel T3 adalah nama lain dari d1100, kenapa harganya bisa beda?
    -terima kasih :)

      imajiplus responded:
      Januari 4, 2013 pukul 10:31 am

      itu T3, garansi resmi atau bukan? setahu saya, T3 untuk pasaran US, bisa jadi mahal karena diimpor langsung…kena pajak dsb… kalau 1100d memang untuk pasaran Indonesia (asia tenggara dsk)..

    ibnoe cahyadie said:
    Januari 4, 2013 pukul 10:30 am

    mas saya pemula dan mau tanya, saya ingin beli camera, tapi masih ragu mau pilih yang mana antara canon 550D sama nikon 3100D dan canon 1100D, kalau menurut mas yang mana kira-kira yang bagus saya pilih, dari ketiga target yang saya pilih diatas sepertinya budget yang saya miliki cukup mumpuni, terimakasih atas jawabannya.

      imajiplus responded:
      Januari 4, 2013 pukul 10:43 am

      kelebihan masing2 ya..
      550D : punya motor focus (bisa pake lensa macem2), bisa rekam voice pake mic luar, res 17.9mb.
      D3100 : Autofocus saat shoot video, fullHD, nois lebih sedikit saat ISO tinggi, batre lebih awet.
      1100D : punya motor focus (bisa pake lensa macem2), batre lebih awet, bisa rekam voice pake mic luar, ISO tingi 6400.
      silakan ditimbang2 sesuai kebutuhan..

    Hary Thok said:
    Januari 4, 2013 pukul 10:00 pm

    Mas mau tanya unggul mana Canon 1100D sama 450D..trims

      imajiplus responded:
      Januari 5, 2013 pukul 4:00 pm

      agak sulit membandingkan 2 kamera yang berbeda usia… fitur kedua kamera ini tidak beda jauh,,kalaupun ada kelebihan fitur dari 1100D karena usianya lebih muda, so.. sudah pasti firmwarenya lebih baru…

    anindwi said:
    Januari 5, 2013 pukul 8:54 am

    mas mau tanya, aku mau beli dslr yang bisa diganti2 lensanya (bisa tuker2an lensa sama temen) nah kira2 type apa ya?
    terus kalau d3100 sama eos1100d bagus mana?
    kalau nikon d5000 itu udah gada yang baru ya?
    mohon pencerahan! terimakasih :)

      imajiplus responded:
      Januari 5, 2013 pukul 4:02 pm

      kalau mau tuker tukeran lensa sama teman, ya harus yang semerk (sama brand). apapun DSLR, bisa tukar ganti lensa… nikon d5000 udah diskontinyu… ada yang terbaru d5200.
      kalau perbandingan d3100 dgn 1100d,,, sudah sering saya utarakan di koment2 terdahulu… :)

    Lina said:
    Januari 5, 2013 pukul 11:15 am

    Mas, saya ingin membeli D5100 tapi susah mencarinya di pasaran karena out of stock di byk store. Jadi, better beli yang mana ya diantara Nikon D3200 atau Canon 600D untuk pemula seperti saya?

    Thanks before

      imajiplus responded:
      Januari 5, 2013 pukul 4:09 pm

      d5100 sudah digantikan dengan d5200, krena saingannya 650D sudah malang melintang di dunia foto. untuk urusan mana yang lebih baik untuk pemula,, apakah canon atau nikon? menurut saya, soal menu.. lebih mudah menggunakan menu nikon dibanding canon yang minim shortcut. tapi itu tergantung selera..

    Bobby said:
    Januari 5, 2013 pukul 9:12 pm

    1. mas saya mau beli kamera DSLR tapi bingung milihnya antar Canon Rebel T3+ Lensa Tamron 70-300, Canon 650D kit 18-55, 600D atw Nikon? Penjualnya ngetes hasil jepretannya T3 lebih Bagus dr 650D dgn lensa standar(tmn saya bilang bisa aja settingannya beda).Dana saya sekitar 7 jtan kl bisa sdh dapat tambahan lensa zoom (tmn saya saran bodynya aja dl yg bagus, nanti lensanya nambah kl ada dana lagi). mohon sarannya mas?
    2. Fungsi HD apa ada pengaruhnya ke hasil foto?
    3. Apa Nikon D5200 discontinue?
    4 Apa Canon Rebel T3 sama dngn 1100D atw versi barunya 1100D, karena T3 yg saya lihat sdh ada HDnya?

      imajiplus responded:
      Januari 7, 2013 pukul 1:28 pm

      -untuk memiliki kamera yang sesuai kebutuhan, harus tahu dulu apa yang anda butuhkan… lensa pengganti (substitut) memang lebih murah,, tapi yang namanya lensa, kualitas dan harga berbanding lurus.. :)
      dan banyak yang bilang begitu, body aja dulu yang bagus, lensa pakai substitut… hehe.. gpp juga punya pemikiran begitu.. tapi ingat,,, kualitas lensa berbanding lurus dengan harga.. dan pasti lensa berkualitas,, hasil juga akan lebih baik. jadi.. seseuaikan aja kebutuhan memotretnya apa..
      -fungsi HD hanya berlaku pada saat video recording.
      -D5200 baru keluar mas.. masa udah diskontinue????
      -yup.. idem.. sama cuma beda nama

    Bobby said:
    Januari 5, 2013 pukul 10:06 pm

    Point 4 maksudnya Nikon D5100

      imajiplus responded:
      Januari 7, 2013 pukul 1:31 pm

      d5100 masih ada… kalo gak salah belom diskontinyu

    alwin darmawan said:
    Januari 11, 2013 pukul 1:13 am

    Mas saya beli eos rebel t3 harganya 5,1jt itu dapet tripot sama tas, lensa juga dpt. tp kpk eos 550d lebih murah cuma 4,9? trus pas di cek hasil jepretannya dengam setingan yg sama, gambarnya terangan yg rebel t3 tp kata mas eos 550d sama 600d hampir sama

      imajiplus responded:
      Januari 11, 2013 pukul 4:32 pm

      kalau dari seri, memang 550d setara dengan 600d.. nah untuk perbedaan hasil jepretan, logikanya, semakin baru sebuah teknologi, sudah pasti ada perbaikan dari teknologi sebelumnya. demikian juga dengan seri T3 (1100D) yang berusia muda dengan 550d yang lebih tua setahun dengan T3… untuk membedakan hasil foto pada seri kamera yang berbeda jauh usianya, yaa… tidak fair.. hehe…

    jeri said:
    Januari 11, 2013 pukul 9:37 am

    Mau tanya bang, kamera dengan weathersealed apa masih mungkin kemasukan debu ? untuk kamera yang tidak weathersealed Selain debu bisa masuk lewat pnggantian lensa, fokusing, kelembaban udara, angin bagaimana cara cegah debu bisa masuk ke kamera dslr apa ada cover tertentu buat mencegahnya ? Terima kasih

      imajiplus responded:
      Januari 11, 2013 pukul 4:34 pm

      weathersealed itu untuk body luar.. jadi kalau memmotret pada saat cuaca extrem, masih diperbolehkan… kalau masalah masuk melalui penggantian lensa, setiap sensor kamera sekarang sudah ada teknologi cleaning sensornya sendiri.. jadi gunakan saja itu. cover untuk motret dalam air ada, kalau buat debu???? emang mau motret di gurun pasir??? hehe

    Hendra Monte said:
    Januari 15, 2013 pukul 1:16 am

    mas bro numpang nanya buat pemula lebih bagus mana pemakaian n kualitasnya antara canon D600 dan Nikon D3200….

      imajiplus responded:
      Januari 16, 2013 pukul 2:14 pm

      soal kualitas, banyak faktor yang mempengaruhi hasil foto, al: lensa yg digunakan, cuaca pada saat pemotretan, kualitas sensor kamera sendiri, dan kemampuan fotografer mnguasai medan (baik kamera maupun lingkungan sekitar)… jadi sulit untuk menentuakan sesuatu kualitas baik atau buruk… :)

    Ardi Furi Fardiansah said:
    Januari 17, 2013 pukul 12:27 am

    agar hasil bisa lebih ngeblur cocok pakai lensa apa mas bro?

      imajiplus responded:
      Januari 17, 2013 pukul 10:12 pm

      maksudnya ruang tajam sempit gitu??? pakai lensa bukaan lebar, seperti f/1.4 atau f/1.2 . dalam teorinya ada 3 hal yang mempengaruhi pemotretan ruang tajam; 1. bukaan (diafragma) 2. lensa yang digunakan 3. jarak kamera dengan objek…

    lucky person (@luckypersonn) said:
    Januari 17, 2013 pukul 4:24 pm

    selamat sore, saya ingin menanyakan kalo dilihat dari sepes dan hasil foto akhir, bagus canon eos 600d atau nikon d5100, kebutuhan buat hobi foto saja, dan tapi rencanana dekat dekat ini akan digunakan untuk merekam video lamaran keluarga, terima kasih;)

      imajiplus responded:
      Januari 17, 2013 pukul 10:14 pm

      hasil itu tergantung kesukaan… keduanya diperuntukan untuk middle class… so..silakan aja cocoknya brnd yang mana…

    Harry Nisar (@Linuxer) said:
    Januari 19, 2013 pukul 1:01 am

    Mau tanya mas ,beda EOS 600D body sm 600D kit I soalnya harga tertera beda , dan kalo untuk pemotretan obyek seperti masakan dan cake ( kebetulan saya punya hobi baking & cooking ) untuk dokumentasi sekaligus artistik fotonya ,beli canon tipe yg mana untuk saya gunakan? saya newbie ,selama ini pake kamera poket atau pake kamera HP 3 mpx trus saya edit pake photoshop. apakah perlu juga asesoris lighting kayak distudio tp yg agak sederhana bukan yg pro. mana yg harus saya beli 600D kit 1 atau EOS 1100D atau model lain. Terima kasih atas infonya.

      imajiplus responded:
      Januari 25, 2013 pukul 6:57 am

      eos 600D hanya body sedang kalau ada embel2 kit, berarti dengan lensa paketan, jadi jelas harga beda. biasanya kalau beli kamera body only, kalau kita ingin beli lensa yang spesifikasinya berbeda dengan yang kit (dipaketkan).
      Kamera SLR apa saja bisa digunakan untuk memotret apapun. yang penting adalah bagaimana teknik fotografi yang kita kuasai… so the man behind the gun, adalah yang utama. untuk asesoris lighting studio, ada paketan yang dijual dengan harga ekonomis, cocok untuk pemula. atau bisa juga bikin dengan peralatan sederhana, banyak buku2 tips fotografi studio dipasaran… n untuk pilihan kamera, terserah anda.. sesuaikan saja dengan budget yang ada :)

    Maulana Rahman N said:
    Januari 19, 2013 pukul 7:38 am

    Mas, saya mau tanya nih. Apakah kamera 7D bisa diganti sensornya menjadi FF dengan bantuan service center ?
    Terima kasih

      imajiplus responded:
      Januari 25, 2013 pukul 6:37 am

      wah, bukan peruntukannya tuh.. nanti gak akan maksimal

    farahiyah said:
    Januari 23, 2013 pukul 6:16 pm

    Mas, lebih baik beli d3200 atau d5100? Soalnya kan d3200 tuh baru sedangkan d5100 udh keluaran lama dan udh ada penggantinya jd takut ntar ketinggalan jaman gitu hehe jd mending beli yg mana mas?

      imajiplus responded:
      Januari 25, 2013 pukul 7:01 am

      ada harga ada kualitas, ada nomer seri, ada perbedaan.. hehe,,, ya jelas kalau dibandingkan antara seri 3 dengan seri 5, pasti ada perbedaan dari kualitas bahan kameranya dan spesifikasi. untuk nikon, biasanya seri 3 untuk entry level (pemula) yang belajar fotografi. sedangkan seri 5 untuk penggemar videografi…

    riza aulia said:
    Januari 29, 2013 pukul 1:02 am

    widih, saya justru baru tau tentang shutter count
    makasih banget infonya mas, kdepannya bakal lebih ati2 ngejepret nih.
    udah nyampe 3600 lebih nih

      imajiplus responded:
      Januari 29, 2013 pukul 10:31 am

      yup.. sami sami

    adee said:
    Februari 1, 2013 pukul 12:54 pm

    masbro…….mw tnya donk
    nikon D90 dan Canon 60D oke yg mna???lg milih2 kamera wat hobby
    kmudian mending beli paketan (18-55mm bawaan camera+lensa tambahan tamron or sigma) ato langsung paketan 18-105mm atw 18-135mm bawaan camera….
    mohon pencerahannya….

      imajiplus responded:
      Februari 2, 2013 pukul 1:58 pm

      Seperti tulisan saya terdahulu, saya prefer ke d90.. Untuk penghematan, sebaiknya paketan kit 18-135 san… Nanti ke depan baru tambah lensa sesuai kebutuhan.. Demikian.

    putri said:
    Februari 5, 2013 pukul 3:20 pm

    pak saya mau nanya ,
    saya sudah beli cannon 600d cuman saya takut kamera ini cepet rusak

      imajiplus responded:
      Februari 5, 2013 pukul 9:00 pm

      apa alasannya cepet rusak??? kalau dipakai dengan benar dan dirawat dengan baik, kamera akan tetap awet.. apalagi kalau disimpan dalam box dan gak dipake2.. hehe

    Niko Septya Ardinata said:
    Februari 6, 2013 pukul 2:33 am

    Salam Imajiplus :
    Mas saya mau bertanya…
    1. mas saya baru pemula utk dslr, saya bingung pilih dslr canon 550d atau nikon d3200?
    2. saya pernah pakai kamera saku keduanya, dan hasil gambar lebih tajam di nikon karena noisenya lebih sedikit, tapi klo utk zoom 20x bagusan di canon tpi hasil gambar tdk memuaskan.
    3. dan kalo saya sudah punya diantara dslr kedua tersebut nah untuk lensa tele berapa mm yang harus saya cari mas, soalnya saya suka foto jarak jauh tpi hasil memuaskan bukan halnya lensa paketan.
    4. budget saya mencukupi utk dslr tersebut.

      imajiplus responded:
      Februari 6, 2013 pukul 7:34 am

      salam niko…n :)

      1. dari segi usia, lebih baik d3200, dan sudah pasti fiturnya lebih baik.
      2. nikon memang punya sistem low noise yang lebih baik untuk beberapa kameranya. (untuk zoom 20x nya, itu optical atau digital? kalau digital.. percuma saja, karna tidak murni zoom, melainkan manipulasi pixel)
      3. untuk tele, banyak tersedia beberapa tele yang cukup baik (ingat faktor harga sangat dominan untuk sebuah lensa). kalau lensa tele+macro, akan lebih baik karna hasilnya akan terlihat sangat tajam… untuk rentang lensa ada 50-200 , 70-200, 70-300, dan banyak lagi..ada juga yang fix seperti tele 100 with macro.. sesuaikan dengan budget.. ada tele hingga 70juta…
      Nikon AF-S 200-400mm f/4G IF-ED VR :)

    Niko Septya Ardinata said:
    Februari 6, 2013 pukul 4:27 pm

    Terimkasih Mas Imajiplus… :)
    saya sangat terbantu sekali dengan saran-saran mas mengenai kamera dslr.

    oia, mas…
    kalau saya pilih dslr nikon d3200 trus lensa tele+macro berapa mm yang harus saya pilih nantinya mas, nanti takutnya ud saya beli lensa tele+macro sekian mm takutnya bermasalah di kameranya mas setelah di pasang, ya takutnya bisa-bisa error gitu waktu ambil gambarnya.
    terimakasih…!!!

      imajiplus responded:
      Februari 8, 2013 pukul 7:31 am

      sama-sama… anda tidak puas beritahu saya, anda puas beritahu teman.. (hehe.. kaya rumah makan di lintas sumatra aja..)
      untuk lensa tele+macro, sejauh ini pada canon dan nikon baru ada versi tele fix, seperti 60mm, 80mm, 100mm dsb. tapi ada juga tele zoom macro, keluaran tamron 70-300mm yang memiliki jarak terdekat 0,95m atau sigma 18-250mm dengan jarak terdekat 35cm. eror sih kemungkinan jarang terjadi selama lensa dan kameranya kompatibel. jadi kalau beli lensa, jangan lupa bawa kameranya ya.. biar bisa langsung test drive.

    kris said:
    Februari 7, 2013 pukul 9:50 pm

    maaf mas saya baru nih,kamera pemula itu selalu ada autofokusnya apa tidak ya? seandainya ada yang tidak ada,kamera pemula mana saja yg ada autofokusnya untuk merek nikon dan canon? terima kasih ya

      imajiplus responded:
      Februari 8, 2013 pukul 7:18 am

      hari gini gak ada autofocus?? hehe… semua kamera DSLR sekarang, mau entry level sekalipun, sudah pasti punya autofocus.. tapi dengan catatan itu harus ditunjang dengan seri lensa digital ya. kalau pakai lensa non digital yang bisa digunakan pada kamera DSLR juga, auto focus hanya pada kamera yang memiliki motor focus di mounting lensanya. demikian…

    teddy said:
    Februari 9, 2013 pukul 5:04 pm

    salam kenal mas…..
    sy bnr2 nubi dlm dunia perDSLRan…hehehehehe
    sy sdh lama pke kamera saku…..mw beralih ke DSLR…mohon pencerahannya mas…
    antara nikon D5200, Nikon D7000, Nikon D90 atw Canon 60D?
    Kelebihan dan Kekurangan masing2 apa mas?Mending beli BO+lensa sapujagat 18-…..mm(tamron,sigma dkk) atw Paketan kamera mas?
    maap mas bnyak nanya..biar g salah beli n nyesel kemudian…hehehehehe
    mksh sblmnya mas… :)

      imajiplus responded:
      Februari 10, 2013 pukul 12:24 pm

      Nikon D90 (the best nikon DSLR ever), Nikon D7000 (pengganti nikon D90), Nikon D5200 (the Latest Nikon Camcorder series), Canon 60D (the competitor of Nikon Brand, like D90)
      untuk kelebihan, kekurangan, bisa baca seluruh komentar yang sudah saya berikan di blog ini yaaa…. (semuanya ada kok), sekalian belajar dari teman2 yang sudah punya,, jadi jelas masukannya.
      beli saja yang paketan (kit), supaya puas dengan kualitas lensanya,, walaupun kalau mau beli lensa pengganti dengan merk2 yang disebutkan, tapi untuk lensa harga gak pernah bohong.. :D
      semoga membantu..

        teddy said:
        Februari 10, 2013 pukul 4:31 pm

        sdh mkin mengerucut nii mas pilihannya…….antara nikon D90 n D7000
        klo dri segi harga slsih hmpir 3jtaan..murah D90 tp sdh agak jarang barangnya….(garansi resmi)
        mnrt mas mnding yg mna?D90 atw D7000 untuk pemula yg baru mw pnya dslr sprti sya…
        maap y mas bnyak tanya…. :D

        imajiplus responded:
        Februari 12, 2013 pukul 4:41 pm

        untuk fitur, jelas d7000 yang terkini, karna seri ini perbaikan untuk seri d90… tapi untuk harga D90 layak dipertimbangkan.. :)

    Lisana Sidqi said:
    Februari 9, 2013 pukul 8:15 pm

    maaf mas mau tanya, saya beli kamera canon rebel t3 kit 1 kenapa lebih mahal daripada canon 1100d? apa ada perbedaan atau kelebihan di anatara keduanya? padahal spesifikasinya sama, jadi bingung -.- lebih bagusan mana yaa?? terima kasih

      imajiplus responded:
      Februari 10, 2013 pukul 12:19 pm

      sama aja.. yang mahal biaya impornya kali ya??? hehehe.. istilahnya T3 itu builtup.. (meureun ya…)

    gazzaa said:
    Februari 12, 2013 pukul 4:08 pm

    mas, mas, saya nubi ni. arti dari nikon D90 kit 80-105mm VR itu apa ? nah, kit 80-105mm itu apa mas ? hehe.nubi mas, maklum.

      imajiplus responded:
      Februari 12, 2013 pukul 4:32 pm

      kit 18-105mm VR
      itu paketan kamera dengan lensa. angka yang tertera adalah rentang lensa yang tersedia (itu termasuk lensa zoom). VR singkatan dari Vibrate Reduction, yaitu lensa yang memiliki fitur pengurangan getaran pada saat pemotretan sehingga tidak menghasilkan foto yang goyang/ getar menjadi tidak fokus.. begitu..

    bams said:
    Februari 14, 2013 pukul 6:01 am

    Salam kenal mas,
    Saya berencana beli DSLR pertama saya, nikon d90, tapi kalau dilihat dari umur yang udzur, tehnologi thn 2008, baca baca di review katanya kualitas gambar kalah sama adik tirinya d5100, jadi bikin dilema, menurut mas diantara kedua DSLR itu mana yg lebih patut dikejar, maklum kalau harus ngejar d7000 budged tak sampai, terima kasih.

      imajiplus responded:
      Februari 14, 2013 pukul 9:44 am

      Jelas dari segi usia beda. Hnya dari seri nya dan kelasnya, d90 diatas 5100, selain itu fitur yg dibawa d90 adalah seri kamera pro. So, mengenai kualitas, saya rasa d90 tetap baik karena memang sensor yang dibawanya bterbaik pada saatnya. Jadi kualitas foto itu bukan dilihat dari kamera saja, tp dari bagaimana fotografer memanfaatkan kamera dengammaksimal. Begitu…

    rere said:
    Februari 19, 2013 pukul 11:22 am

    Salam kenal mas,
    saya mau tnya, kekurangan semi dslr apa ya ? budged saya cuma 2 juta ya lebih dikit hehe, di iming2 i semi dslr, tapi katanya kurang bagus. gmna ya mas?

      imajiplus responded:
      Februari 19, 2013 pukul 12:31 pm

      apa itu semi DSLR? maksudnya prosumer? atau mirrorless? kalau budget 2 juta, sepertinya hanya dapat kamera prosumer ya.. ya kalau dibadingkan dengan DSLR memang tidak akan bisa maksimal…prosumer diatas setahap dari kamera point and shoot (kamera digital saku).. gak mungkin juga beli mirrorless, karena harganya sebanding dengan DSLR…

    adi said:
    Februari 20, 2013 pukul 9:22 pm

    salam kenal mas,, mau tanya nihh sy punya kamera canon 60d + lensa 18-200 mm baru sekitar 3 bulan yg lalu di beli, tetapi gambar yang dihasilkan banyak yg bolong seukuran satu pixel hal ini terjadi apabila gambar yg di ambel tampa blizz dengan mengandalkan shuter shot yg rentangnya lama contoh 2” keatas pada suasana malam hari…….kira kira itu penyebapnya apa ya & sulusinya gimana untyuk antisipasi biar hal itu tdk terjadi lg…??????

      imajiplus responded:
      Februari 24, 2013 pukul 11:18 pm

      salam..
      bolong maksudnya muncul bintik2 putih gitu? setting SS dan f/n serta ISO nya berapa? tapi biasanya, kalau muncul bintik2 putih itu disebabkan karena kamera tidak mampu menangkap cahaya dengan baik sehingga muncul noise seperti itu..bisa disebabkan penggunaan ISO tinggi berlebihan, antisipasinya,,, upayakan cahaya cukup disekitar objek dan jangan menggunakan ISO tinggi berlebihan..

    haris said:
    Februari 23, 2013 pukul 1:31 pm

    om, mau tanya neeh. ane mau beli kamera Nikon, tapi masih bingung mau pilih yang mana. D5100 atau D3200, minta pencerahannya yaa om. hehehe

      saveimegans said:
      Februari 26, 2013 pukul 8:20 pm

      1 lagi mas maaf. Sy juga drummer. Jd saya jg butuh slr yg bisa foto saya pas lg ngedrum dengan tidak kabur”. Sarannya ya mas.

        imajiplus responded:
        Februari 27, 2013 pukul 8:40 am

        menurut pengalaman, untuk kepentingan videografi, canon lebih unggul.. tapi untuk keperluan fotografi, itu tergantung kesukaan.. seperti yang anda sebutkan, kalau nikon lebih tajam, canon lebih soft… kalau masalah kabur pada saat pemotretan, mungkin fotografernya tidak fokus pada saat memotret… sebaiknya gunakan fokus manual untuk memotret (dengan catatan mata fotografer masih OK), atau pakai autofokus. dan sebaiknya pakai lensa pendek bukaan besar untuk dapat mengejar ketajaman gambar (DOF) lebih baik. setting ISO tinggi pastinya, karena tata cahaya panggung berbeda dengan lingkungan lain.. demikian.

      saveimegans said:
      Februari 28, 2013 pukul 10:55 pm

      Jadi kesimpulannya mas pilih 600D , D3200 , apa D5100 ? Trimakasih sarannya

        imajiplus responded:
        Maret 4, 2013 pukul 3:42 pm

        kalau mau soft dan videografi, pilih canon.. kalau mau tajam, pilih nikon ..

    maulanarahman said:
    Februari 26, 2013 pukul 3:23 pm

    Mas mau tanya, apakah lensa juga menentukan kualitas jeluk warna ? Saya ingin beli Canon 7D dengan lensa EF 24-105mm f4L IS USM. Atau mending 5D MK 2 dengan lensa non L series ?

      imajiplus responded:
      Februari 26, 2013 pukul 4:48 pm

      yup.. sebagian besar demikian… jadi kalau canon memang rasis terhadap lensa :D. jadi mending beli lensa yang bagus sekalian, karena ibarat mata manusia, lensa adalah matanya kamera..

        saveimegans said:
        Februari 26, 2013 pukul 8:07 pm

        Mau tanya mas saya bingung sekali mau pilih nikon D5100 , D3200 , atau canon 600D. Kepentingannya buat video terutama. Tp sy juga sering hunting dan membutuhkan kualitas foto yg bagus. Tapi kata temen” saya canon lebih bervariasi , tetapi disisi lain nikon jernih dalam foto. Menurut mas dslr yg cocok buat saya dlm keadaan begitu itu yg mana ya ?? Thanks

    an said:
    Februari 27, 2013 pukul 6:45 am

    ada ga data pengguna kamera DSLR menurut umur?

    an said:
    Februari 27, 2013 pukul 6:47 am

    mas, kira2 ada ga ya data pengguna kamera DSLR berdasarkan kriteria umur? makasih :)

    Rahman said:
    Maret 4, 2013 pukul 2:00 pm

    Om mau nanya niih ,,

    Aku pingin beli camera canon dg budged 6jt an

    Kira2 canon seri apa yang bagus ??? Yang kit atau gak ???

    Udah share kebanyakan canon eos 550D yang cocok bagi pemula ,, pendapat om gimana nih ??? Kali aja ada yang lebih bagus :)
    Maklum sangat pemula ,, pengen belajar :)

      imajiplus responded:
      Maret 4, 2013 pukul 3:39 pm

      untuk budget segitu, beli aja EOS 600D kit 18-55 … nanti kalau ada dana tambahan, beli lensa tele zoom nya, diatas 55mm

        Rahman said:
        Maret 4, 2013 pukul 4:55 pm

        Makasih om info nya ,, sangat membantu sekali :)

    De oka said:
    Maret 7, 2013 pukul 9:30 am

    Halo bro. Mau nanya neh. Saya bingung antara mau ambil d7000 atau 7d.. Mana yg lebih oke kalo diambil??
    1. Diperhitungkan nanti jika saya ingin membeli lensa
    2. Perbaikannya jika rusak, yang mana lebih murah
    3. Hasil kualitas foto, baik dari segi ketajaman gambar dan warna
    Catatan : saya males kalo jual n beli kamera lagi bro, mending beli sekali bagus n gak nyesel…makasi bro…

      imajiplus responded:
      Maret 7, 2013 pukul 3:56 pm

      gak usah bingung… pilih saja sesuai budget anda… perbedaan signifikan dari canon dan nikon adalah canon lebih soft warnanya, nikon lebih tajam/ sharp warnanya. lensa nikon tidak ada perbedaan layaknya canon yang memiliki tipe L dan tipe biasa.. masalah rusak itu tergantung kerusakannya.. biaya tidak bisa dipredikai, menurut saya sih sama saja.. dari kedua seri yang disebutkan, sama-sama berada di level mid… jadi seimbang.. tinggal pilihan anda, mau menu nikon atau canon… demikian.. mudah2an gak bingung lagi yaa..

    De oka said:
    Maret 7, 2013 pukul 5:31 pm

    Okeee..makasi bro….

    joyjoy said:
    Maret 8, 2013 pukul 10:52 pm

    Mas mau nanya,saya lihat 3200 ada yg AFdan VR,bedanya apa ya? Makasih ya

      imajiplus responded:
      Maret 8, 2013 pukul 11:02 pm

      AF dan VR itu jenis lensa yang dibawa paketannya dari 3200, jadi bukan jenis kameranya. AF itu auto fokus, jadi jenis lensa yang memiliki motor fokus sehingga proses auto fokus bukan pada kamera, tapi pada lensa langsung. VR kependekan dari vibration reduction, teknologi stabilizer pada lensa yang meminimalisir getaran tangan pada saat memotret pada shutter speed rendah untuk menghindari gambar blur. demikian

    Dinu Saputra said:
    Maret 28, 2013 pukul 2:55 pm

    Mas, mau tanya cara membuat background fokus gimana ya ? contohnya kalau di tempat futsal kan ada jaringnya, trus mau foto yang orangnya agar fokus gimana ?
    Kamera saya d5100, makasih :)

      imajiplus responded:
      Maret 28, 2013 pukul 3:00 pm

      gunakan focus manual, jadi di lensa, tombol autofocus dimatikan. lalu bidik pada objek yang mau di focus, misalnya pemain bola di tengah lapangan, dan kalau ingin ruang tajam gambar luas, bisa setting diafragma di angka besar, misalnya 11 ke atas. pastinya anda harus juga sesuaikan dengan kondisi cahaya yang ada. untuk ini bisa berpatokan pada prinsip triangle exposure.

    Dinu Saputra said:
    Maret 28, 2013 pukul 3:02 pm

    oke, makasih mas ;)

    Rizky Sga said:
    April 1, 2013 pukul 11:39 am

    Gan mau tanya , kalau shooter count itu ngaruh ga buat video graphy ? Nikon D90 kan Ada videonya :D

      imajiplus responded:
      April 1, 2013 pukul 6:15 pm

      yup. jelas pengaruh juga. untuk merekam gambar, kan tetap menggunakan sensor kamera.

    zulkarnain said:
    April 10, 2013 pukul 1:35 pm

    mau tanya mas saya belum begitu mengerti masalah kamera
    yang di maksud dengan sc itu dan klo kita uda punya kamera klo kita asal jepret-jepret setipa hari apa dampaknya mas…?
    tolong jawabannya mas

      imajiplus responded:
      April 10, 2013 pukul 1:46 pm

      sc atau shuttercount adalah batas kemampuan sensor kamera menangkap cahaya. sampai detik ini., tidak ada yg bisa memastikan seberapa banyak sebuah kamera mampu mengambil gambar.. karena banyak faktor yg menyebabkan hitungan sc tidak bisa pasti, ya cuaca, iklim, perawatan kamera , dsb,… jelas kalo kita sering jeprat jepret kamera tanpa perhitungan, sc sudah pasti berkurang dan hasil banyak yang mubazir,, jadi kalo bisa, motret lah dengan bijak dan konsep yg jelas. dampaknya, kalau sc mendekati ‘kematian’ nya maka kualitas foto akan berkurang dan nantinya sama sekali tidak bisa melakukan pemotretan. harus mengganti sensor lagi.. demikian,,

        supergarpit said:
        September 8, 2013 pukul 1:53 am

        maaf mas yg masalah shuttercount. shuttercount itu setau saya sih hitungan bukaan shutter saat memotret. karena kalo DSLR dia shutter nya masih istilahnya mekanik ya. jadi dia istilahnya ada umurnya. kalo camdig kan sudah pake electric, jadi puas mau motret gimana juga. untuk video dia pengaruhnya ke sensor. jadi bila penggunaan untuk video terus menerus, sensor akan panas, dan sensornya bakal kena. dan biaya servis nya melejit. mending beli baru. hehe

        imajiplus responded:
        September 8, 2013 pukul 3:33 am

        Ya shuttercount itu pengaruhnya ke sensor, kalau sc habis yang diganti ya sensor kamera. Jadi semua kamera digital baik itu jenis saku, hp, sampai slr ada umurnya. Kalau ganti sensor tidak semahal beli baru kok.. Jd kalau sudah kena, ya boleh aja ganti.. Masa kalau kita beli kamera dslr 20 juta, sc habis, kita beli baru aja..hehe, mending di ganti sc aja..jauh lebih murah

    zulkarnain said:
    April 10, 2013 pukul 1:50 pm

    maksudnya apa yang di maksud dengan sc mas

    zulkarnain said:
    April 10, 2013 pukul 1:53 pm

    oh iya trimakasih atas infonya mas
    satu lagi mas kalo pengen beli kamera yang agak murah dan bagus merek dan tipe apa mas…?

      imajiplus responded:
      April 11, 2013 pukul 8:28 pm

      banyak merk kamera entry level…ada canon 1100D, nikon d3100, atau sony alpha, olympus, pentax… silahkan aja dibanding2kan… kalo mau lihat harga bisa kunjungi situs jual beli kamera online sebagai gambaran.. misalnya camera.co.id

    ir1 said:
    April 28, 2013 pukul 1:24 am

    Wahh malah baru kena tipu ni gan gw, soalnya saya gak tau sama sekali tentang kamera, dslr. tadinya mau beli canon 650d & terus di tawarin yang seri rebel t3i. Katanya lebih bagus eeeee teryata E3i itu sama amaa 600d. cua beda nama doang. dan parahnya harganya lebih mahal ama yang 650d.. hheeee Kampret benerr dahhhh… hasuk,

      imajiplus responded:
      April 28, 2013 pukul 7:27 am

      hehe… tu dia gan.. parahnya lagi yg jual banyak gak ngasih tau atau malah gak tau gan.. jadi konsumen diperdaya biar bisa dapet uang lebih 😄

    nanang said:
    Mei 5, 2013 pukul 8:04 am

    maap ni mas,pemula banget,cara biar zoomnya makin deket banget tuh pake penambhan lensa ya? terus untuk nikon d3200 enaknya gimana biar zoomnya jadi deket?

      imajiplus responded:
      Mei 5, 2013 pukul 8:10 am

      maksudnya jarak dekat? gunakan lensa makro.. untuk nikon ada lensa makro 60mm fix dan 100mm fix.. atau bisa cari lensa for nikon dari tamron atau second choice lainnya

    ipul said:
    Mei 9, 2013 pukul 7:51 am

    as……
    mas saya mau naya,….?

    saya seorang pemula dalam fotografi, apa saja yang harus di perhatikan dalam merawat kamera

      imajiplus responded:
      Mei 9, 2013 pukul 9:47 am

      untuk merawat kamera DSLR yang utama beri sirkulasi yang baik pada saat penyimpanan. sebaiknya gunakan camera box khusus atau bisa gunakan kotak kedap udara yang diberi silica gel untuk terhindar dari jamur. letakkan disuhu kamar jangan langsung terkena cahaya matahari atau jangan disimpan dalam lemari.
      bersihkan kamera setelah digunakan. banyak tersedia alat pembersih kamera.
      gunakan kamera dengan bijak, ingat kamera digital ada batas kadaluarsa untuk sensornya.
      semoga bermanfaat.

    martam said:
    Mei 30, 2013 pukul 4:11 pm

    Om, saya rencana ingin membeli D3100 dengan kit lens nya…dan sedikit pertanyaan mengenai kit lens bawaan itu hasil jepretannya bagus tidak or seberapa jauh kita puas dengan lensa bawaan tsb?…kemudian dengan 14,2 megapixel jika akan dicetak…baiknya ukurannya berapa R?….maaf pemula om hehehe…Thanks ya

      imajiplus responded:
      Mei 31, 2013 pukul 7:34 am

      spesifikasinya yang mana? kalo 18-55 VR, bagus.. karakter dari lensa kit Nikon seperti biasa..not bad laa.. :) untuk ukuran cetak, bisa baca artikel saya tentang panduan cetak di blog ini…

    jaka said:
    Mei 31, 2013 pukul 6:25 pm

    malam mas.. saya baca artikel ini sungguh bagus, saya mau tanya mas… klo beli camera second bagaimana cara melihat camera itu masih bagus? thanks dari Jaka

      imajiplus responded:
      Juni 1, 2013 pukul 9:39 am

      pagi 😃.. memilih kamera digital second susah susah gampang.. tapi bisa sebagai langkah awal mungkin tips ini berguna.
      1. pastikan anda tahu sejarah kamera itu, misalnya beli dari teman, sodara, atau yg dikenal. kalau beli di orang yg ga dikenal, tanya aja udah berapa lama dipake, seberapa sering dipake, kemana aja dipakenya, pokoknya tanya aja silsilah tu kamera. masih garansi kah, ??
      2. lihat perlengkapan yg dipunya… ada alat pembersih kamera ga? kalo ada, berarti kamera itu rajin dirawat (mungkin hehe).
      3. cek seluruh body.. masih jelaskah cat teks yg ada di setiap tombol? kalo sudah pudar, brarti tu kamera udah sering digunakan dlm jangka panjang,, ..
      4. nah, sekarang coba tes motret.. coba jarak dekat, jarak jauh, kecepatan shutter, bokeh, kalo ada banyak lensa, cek satu persatu, coba motret menantang cahaya apakah masih normal, pembacaan memory tidak tersendat, gunakan kualitas fine resolusi tertinggi, cek perbedaan iso rendah sampai tinggi, gunakan menu yg ada, coba motret di ruangan kurang cahaya. nah selesai mencoba itu, lihat di pc apakah hasil foto memuaskan.. ini perlu ketelitian khusus
      5. berdoa supaya dapet kamera digital second bagus dan prima hhehe,,,
      selamat berburu..

    SabrieTaufiq said:
    Juni 4, 2013 pukul 4:19 pm

    saya baru mas.
    sy bingung pilih antara 650d atau d5200
    menurut mas, kira2 pilih yg mana?? terimaksih. :)

      imajiplus responded:
      Juni 4, 2013 pukul 4:32 pm

      kalau menurut saya 2 tipe tersebut hampir setara.. cuma kelebihan d5200 lebih baik, seperti nois lebih sedikit walaupun pakai iso tinggi hingga di atas 1000, sensor aps lebih besar, lebih ringan, titik focus yg lebih banyak hingga 39, yg pasti lebih murah 😄👍,, kalao 650D kelebihannya touch screen, built in focus motor, dan unggul di video shot 😎.. tinggal pilih.. mau motret atau mau bikin film 😋😆😆

    mruliandi said:
    Juni 6, 2013 pukul 12:01 am

    salam mas
    sebelumnya saya ajungkan jempol buat artikelnya, karena membuat saya sebagai pemula ada pencerahan ntuk membeli dslr
    oh ada sedikit mau minta aran, rencananya saya mau beli dslr antra nikon d3100 atau cannon 1000d, sebaiknya yg mna ya? n minta tolong dijelaskan keunggulanya

    seelumnya saya ucapkan terimakasih

      imajiplus responded:
      Juni 6, 2013 pukul 1:11 am

      keduanya kamera entry level, so kemampuan setara, walaupun dari spek, masih unggul d3100 diatas angin. a.l. sensor yg lebih besar, resolusi lebih tinggi baik foto maupun film, focus point lebih banyak, video autofocus.. cuma tidak ada built in focus..

        mida said:
        Juni 6, 2013 pukul 9:26 am

        mas mau nanya canon eos 650d dengan nikon d5100 hasil jepretannya bagusan mana yah ? trus fitur yang lebih enak digunakan yg mana yah dari kedua kamera tsb? thanks before

        imajiplus responded:
        Juni 6, 2013 pukul 10:24 pm

        kalo ditanya hasil fot, yaa… relatif ,, karna karakter dari nikon dan canon seudah pasti berbeda.. tapi memang untuk kualitas video, canon 650D lebih unggul, sedangkan untuk foto, menurut saya, nikon d5100 masih lebih baik.. :)
        untuk pertanyaan fitur apa yang enak digunakan, maksudnya apa?..

    mida said:
    Juni 8, 2013 pukul 11:49 am

    maksud saya, klo untuk pemula lebih cocok canon 650d atau nikon d5100 ?
    thanks lg mas :D

      imajiplus responded:
      Juni 8, 2013 pukul 1:39 pm

      kedua seri itu diperuntukkan untuk menengah… kalo untuk pemula seri 1100d atau d3100, tp semuanya bisa dipakai untuk pemula, karna fiturnya masih sederhana tidak seperti fitur kelas semipro seperti 60d atau d90 atau 7d atau d7100…

    rahmat said:
    Juni 10, 2013 pukul 10:04 am

    mas,saya minta sarannya,saya baru buka cuci foto digital,nah skarang saya banyak dapat order untuk photo pernikahan,jadi saya bingung harus pake kamera dslr yang mana,kalo canon serinya apa?trus kalo nikon seri apa?thanks

      imajiplus responded:
      Juni 10, 2013 pukul 10:10 am

      tergantung budget anda mas.. untuk canon, minimal bisa pakai 60d , kalau nikon bisa pakai d90..

    rahmat said:
    Juni 10, 2013 pukul 10:05 am

    kalo dana saya sdah siapkan 8jta.

      imajiplus responded:
      Juni 10, 2013 pukul 10:13 am

      dan segitu untuk seri yg saya sebutkan mungkin baru dapat body only.. kalau mau turun sedikit sih bisa aja pakai canon 600d atau nikon d5100,, tp untuk wedding sih sy prefer pakai yg tadi saya sebutkan 😁

    rahmat said:
    Juni 10, 2013 pukul 10:20 am

    kalo canon 650d cocok gak buat wedding,gak apa apalah nambah dikit dana,yang penting hasilnya lumayan bagus,trus apa lensa yang dari bawaan kamera perlu di ganti atau gmana?maaf tanya lagi,,hehehehe thanks banyak mas

      imajiplus responded:
      Juni 10, 2013 pukul 10:29 am

      memang dari spek , 650d terlihat menarik, apalagi fitur touchscreen nya,, tp untuk wedding sy tetap prefer 60d, karna kelasnya yg membedakan dua seri itu,, tp tergantung anda.. sesuaikan saja dengan budget.. untuk lensa, canon punya lensa seri L yg spesifikasinya lebih baik dari lensa kit, tp pakai lensa kit juga sudah bagus kok. tinggal kitanya aja bisa memaksimalkan atau tidak.. the man behind the tool, not the tools at all.. 😆👍

    RIZAL said:
    Juni 10, 2013 pukul 4:54 pm

    MAS MAAF NI YAA WALAUPUN UDAH SYA BACA COMENT2 DI ATAS TAPI MASIH RAGU NI tinggal jawab yg satu ini ja..mudahan berkenan…. dimnA YA…. perbedaan mendasar antara kamera dlsr nikon dengan CANON ???THANKS

      imajiplus responded:
      Juni 10, 2013 pukul 6:19 pm

      hehe.. kalo mau membandingkan keduanya pasti akan banyak protes di blog ini dari dua penganut brand itu… yg satu lebih baik dari yang lain.. atau yg ini lebih tajem,, yg itu gak tajem.. yg itu lensanya keren,, yg ini lensanya kurang oke,, dsb..😁😁 ,
      tp kalo prngalaman saya, nikon karakter fotonya sharp, kalo canon soft, masalah video canon lebih unggul, tp emang dslr buat rekam video 😁😁???
      canon lensanya ada kw1 kw2, nikon cuma beda fasilitas vr dan non vr.. yaa kurang lebih begono y

    ahmad lutfi ansori said:
    Juni 16, 2013 pukul 10:31 pm

    bos mau nnya nih saya baru beli nikon dslr d5100 nih menurut bos mana bagus d5100 nikon dri pada cenon 650?

      imajiplus responded:
      Juni 17, 2013 pukul 11:19 am

      beda tipis lah.. karakter fotonya yg membedakan nya.. tergantung kesukaan 😄

    yasa said:
    Juni 17, 2013 pukul 11:10 am

    mas saya mau tanya, lebih baik 1100d atau 600d?
    maklum sya pemula, thanks

      imajiplus responded:
      Juni 17, 2013 pukul 11:18 am

      saya suka bingung kalo ditanya lebih baik mana antara kamera yg beda kelas.. karena jelas tujuan pabrikan membuat seri kamera pasti ada. dan prinsip saya, kamera bukan segalanya untuk membuat sebuah foto yg bagus. so not the tools, but the man behind the tools. jadi 1100d itu entry level, 600d itu kelas menengah dan seri penggantinya sudah ada 650d. mungkin jawaban saya bisa dimengerti .. dan untuk kelebihan dan kekurangan masing2 kamera di atas silakan browse blog ini ya.. search aja

    ahmad lutfi ansori said:
    Juni 21, 2013 pukul 7:44 pm

    satu lg saya mau nannya mas,klau nikon 5100d buatan thun brpa ya mas?
    klau 650 cenon satu lg thun brapa mas?

      imajiplus responded:
      Juni 22, 2013 pukul 11:17 am

      nikon 5100 keluar tahun 2011, kalo 650d tahun 2012…

    dhani said:
    Juni 23, 2013 pukul 9:29 pm

    Mas sama kyak kbanyak rekan2 diatas,, saya pemula baru mw beli kamera budget 8jtan, kalo utk kualitas foto bgus mana 600d, 650d,5100d atau 5200d,, dgn budget kisaran sgitu lh mas. Utk beli aksesoris tmabhan sperti lensa. Mgkn 4bln kdpdn bru bsa. Saya kn pemula jdi buat prospek kdpan mana yg bgus mas. Saya masi binggung autofocus built in d nikon kn gk ada, smentara buat beli lensa autofucus mahal. Apa kelebihan autofocus dbanding kamera yg blum autofokus. Krna saya mu ngambil nikon krna budget gk cukup buat beli lensa yg autofokus, jd saya ragu mw ngambil canon apo nikon. Mohon bantuan mas. Maav kpanjangan. Maklum masi pemula. Jd mesti mateng2 buat beli nya.

      imajiplus responded:
      Juni 23, 2013 pukul 10:03 pm

      oke mas… gak bosen2 saya jelasin,, kalau masalah kualitas foto (dalam arti hasil akhir), itu tergantung kitanya sebagai fotografer. selama paham betul dengan kamera (apapun merknya dan jenisnya), saya yakin bisa menghasilkan foto yang bagus… tapi kalau bicara kualitas dalam arti hasil cetakan, itu banyak faktor seperti resolusi, pixel, lensa, situasi/ cuaca saat memotret, editing, dsb…
      jadi sebagai pemula, sudah benar tuh anda bicara budget dulu. untuk yang disebutkan di atas mirip2 dari segi harga.. so its your choice about brand..
      autofocus?? maksudnya built in focus motor kali ya??? kalau autofocus, semua DSLR pasti ada.. asal lensanya khusus seri digital. kalau builtin focus motor, baru gak semua kamera DSLR ada.. tergantung serinya.. memang kalau di Nikon biasanya terdapat pada seri kamera semi pro ke atas.. seperti D90. sedangkan canon 650d saja sudah ada, nikon d5200 belom ada…
      saran saya, kalau mau lebih panjang pemakaian, untuk budget di 8 jutaan, lebih baik ambil canon 60D kit 18-55 IS.. nanti kalau sudah ada budget tambah lensa, baru cari lensa tambahan yang dibutuhkan. atau nikon D5200 kit 18-105 VR, fiturnya lebih baik dari 650d (menurut saya)… silahkan dipertimbangkan baik-baik.. semoga bermanfaat.. salam..

        dhani said:
        Juni 23, 2013 pukul 10:37 pm

        klo seandainya saya beli 5200 tp gk pke lensa yg autofokus apa gangguan yg saya hadapi ntar tt mas. Krna saya msi krg ngrti sama fungsi autofokus.

        imajiplus responded:
        Juni 23, 2013 pukul 11:45 pm

        beli lensanya yang khusus untuk DSLR (seri AF-S), pasti bisa autofocus… kalau lensa seri AF-D, ya gak akan bisa dipakai autofocusnya, karena D5200 belom dilengkapi builtin focus motor di body nya.. fungsi autofocus adalah kamera akan mencari secara auto titik focus sehingga gambar bisa jelas tanpa memutar ring focus dilensa secara manual..jadi kita tidak perlu repot mencari titik focus..

    akil karim said:
    Juni 24, 2013 pukul 5:24 pm

    Klo pake nikon d90 dengan lensa sapu jagad..bagus/cocok ngga mas? Thanks atas infox

      imajiplus responded:
      Juni 24, 2013 pukul 5:37 pm

      bagus.. sampai saat ini, kemampuan D90 masih mumpuni untuk kelas kamera semipro

      akil karim said:
      Juni 25, 2013 pukul 1:51 pm

      Klo lensanya af-s nikkor 18-105mm1:3.5-5.6G ED, apa itu termasuk lensa sapu jagat?

        imajiplus responded:
        Juni 25, 2013 pukul 2:12 pm

        yup betul.. bagusnya lagi.. nikon D90 sudah punya motor focus di bodynya, jadi bisa pakai lensa seri AF-D nikon yang nota bene lebih murah dibanding AF-S..

        akil karim said:
        Juni 26, 2013 pukul 12:04 am

        Mas, tlg sy dikasih tips2 singkat menggunakan d90 dgn lensa af-s. Thanks

    hentina said:
    Juni 26, 2013 pukul 12:18 am

    mas saya beli kamera sony alpha a37. Itu bisa di tambah efek dr driver luar gak sih? udh nyoba cari di google tp membingungkan :” thx yaaa

      imajiplus responded:
      Juli 1, 2013 pukul 11:33 pm

      setahu saya, yg namanya dslr, paling bisa juga update firmware aja. kalo tambah efek sih belum ada.. itu setahu saya ya.. 😄

    gilang said:
    Juni 30, 2013 pukul 12:42 am

    mas aku bingung nihh….
    antara nikon D3100 dan canon 330d bagus mana??
    keunggulan dan kekurangan masing” apa ya??

    thanks,

      imajiplus responded:
      Juli 1, 2013 pukul 11:41 pm

      aku juga bingung nih jawabnya, canon 330d yg mana ya? dulu ada eos300d, tapi itu tahun 2003 an.. jadi pasti bagus d3100 dong

    Lovera said:
    Juni 30, 2013 pukul 5:53 pm

    Mas, mau nanya, mau beli kamera, harganya hampir setara, makanya bingung nih, mending beli yang slr d1100 canon atau yang kamera prosummer SX50HS.. bsgusan mana ya mas, thanks

      imajiplus responded:
      Juli 1, 2013 pukul 11:44 pm

      kalo membandingkan dslr dengan prosumer, pastinya untuk kepuasan memotret saya lebih memilih dslr dengan berbagai fungsi yg teknis fotografi yg beragam dan lebih maksimal dibanding prosumer kamera, salah satunya kebebasan memilih lensa yg akan digunakan..

    faisal said:
    Juli 7, 2013 pukul 3:35 am

    mas saya pemula punya bugjet 8jt lebih baik milh 600D, 650D atau 60D mana yang pas dengan bugjet dan kapasitas saya sebagai pemula

      imajiplus responded:
      Juli 7, 2013 pukul 8:43 am

      saya pikir, kalau punya budget, gak usah mikir pemula.. pede aja,, jadi saya lebih prefer 60D.. karna kelasnya sudah semipro dan kelebihan dari seri yang lain disebutkan, sudah pentaprism yng membuat gambar lebih terang.. dibandigng pentamirror.. dan kelebihan lain yang sudah saya sebutkan di komen sebelumnya..

    faisal said:
    Juli 7, 2013 pukul 12:37 pm

    maaf mas mau tanya lagii
    -dari ke tipe 3 kamera yang di saya sbutkan tadi yang mana yang sudah memiliki auto clean
    -perbedaan kamera 600D dengab 650D apa mas?
    -dan harga camera di camera.co.id apakah sama dengan harga di toko22 biasa

      imajiplus responded:
      Juli 7, 2013 pukul 8:35 pm

      – semuanya sudah ada fitur clean sensor..
      – yang pasti, 650D perbaikan dari 600D, yang jelas berbeda adalah layar touchscreen pada 650d.. dan masih banyak lagi peningkatan fiturnya
      -camera.co.id bisa sebagai patokan.. biasanya agak berbeda dengan di toko, tergantung tokonya..cuma bedanya gak akan banyak..

    faisal said:
    Juli 8, 2013 pukul 1:09 am

    makasih ya mass atas sarannya dan infonyaa
    mau nannya lagi nih maap ya mas
    buat beda harga di kisaran brapa dan mas ada rujukan toko penjual kamera yang harganya hampir sama dengan camera.co.id tidak mas?
    maaf yaa mas nannya mulu soalnya saya pemula hehe

      imajiplus responded:
      Juli 8, 2013 pukul 11:02 am

      hehe… saya nanti dibilang promosi toko tertentu .. jd silahkan survey harga aja… maaf yaaa

    faisal said:
    Juli 8, 2013 pukul 7:14 pm

    hahaha iya gapapa mass
    ada yang mau di tanya lagi nih mass kalo buat memory yang cocok buat canon 60D merek dan clas brapa mas?
    maaf ya lagi22 nannya mulu

      imajiplus responded:
      Juli 9, 2013 pukul 11:12 pm

      sudah bisa sdhc class 10 16 GB..merk yang terkenal aja deh biar awet.. seperti sandisk, kingston, dsb..

    faisal said:
    Juli 9, 2013 pukul 10:34 pm

    oh iya mas lagi lagi mau nanya lagi nih mas saya kan udah survei ke toko yang ada di mol ambasador mas dan harga 60D di sana lebih murah 450ribu lebih murah dari pada di camera.co.id kalo perbedaan harga srgitu wajar ga mas?? dan barangnya sama apa ngaaa
    maaf yaa nannya muluu

      imajiplus responded:
      Juli 9, 2013 pukul 11:11 pm

      wajar sih.. biasanya harga internet memang kadang lebih mahal dari toko, mungkin garansi resmi (datascript untuk canon) bukan garansi toko/distributor. coba tanya di toko itu garansinya datascript atau toko?? sebaiknya ambil garansi datascript (resmi) supaya kenyamanan terjamin..

    faisal said:
    Juli 10, 2013 pukul 12:00 am

    makasih banyak yaa mas atas semua sarannya mass
    saya udah nannya kata dia garansi canon resmi mas
    kalo canon resmi garansinya garansi datascrip bukan?? dan cara bedain sama garansi toko apa mas??

    faisal said:
    Juli 10, 2013 pukul 1:53 am

    jika yang di tokol mall ambasador ternyata garansinya datascrip krnapa bisa lebih murah?? soalnya saya jadi bingung mas sayakan pemula takut salah beli
    soalnya bedanya 450rbuan mas lumayan buat nambahin aksesoris lainnya hehe
    maaf ya mass di tanya mulu
    nga bosen kan? :-)

      imajiplus responded:
      Juli 11, 2013 pukul 9:24 am

      cara bedainnya lihat saja kartu garansinya.. dan kenapa lebih murah,, biasanya memang harga internet lebih mahal karna beberapa sebab, seperti ppn, biaya promosi, dsb.. jadi gak masalah kok .. sepanjang garansinya datascript..

    ana said:
    Juli 12, 2013 pukul 2:59 am

    mas..aye mau nanya…ada temen yg nawarin canon eos 50D…SC ny dah 3000..pembelian taon 2010…tp barag ny mulus,harga nya 5,5jt n lensa ny yg 18-55,,kira2 cocok gk mas,,
    1 lg..bagusan mana D3200 atw canon eos 50D td????

      imajiplus responded:
      Juli 12, 2013 pukul 11:18 am

      eos 50D lumayan sudah uzur itu kamera,, tp kalau SC sudah di cek dan masih 3000 (cek di datascript ya..) sih masih lumayan, selama perawatan kameranya maksimal ya… kalau masalah harga relaatif.. saya gak bisa pastikan.. tapi untuk seri 50D,, termasuk murah lah (dengan catatan kondisi maksimal, bukan cuma mulus body aja.. tapi kelaikan elektronik dsb… sebaiknya tanya teman yang paham dengan kamera).. kalau di compare dengan D3200, beda kelas ya.. tapi kalau spesifikasi, menang tipis D3200 , secara yang belakangan masih muda pasti versi teknologi mutakhir.. hehe..

    angga said:
    Juli 12, 2013 pukul 10:51 am

    yang mana lebih bgus camera canon eos rebel t3 / 1100d/ 550d/ 650d dan alsannya?

      imajiplus responded:
      Juli 12, 2013 pukul 11:19 am

      kelas nya beda beda,, untuk pemula 1100/ t3 itu sudah mumpuni.. untuk kelas videography jelas 650D unggul..

        angga said:
        Juli 12, 2013 pukul 6:05 pm

        saya pemula tapi saya pangen memakai yg lebih baik :)

    demina said:
    Juli 15, 2013 pukul 2:27 pm

    mas saya dapat tawaran camera canon eos 550D harganya pas 4jt itu + lensa juga, sy pemula dan pengen punya kamera buat belajar tp cr yang biasa2 dulu, tp katanya sc nya ga ada, dan sekitar 10000 gitun menurut mas masih layak ga kalo gitu? masalah serius atau ngga? thanks..

      imajiplus responded:
      Juli 16, 2013 pukul 9:49 pm

      550D itu seri lumayan lama.. beli kamera digital seken untung2an.. kalo dapet yang mulus, dan perawatannya baik, ya bagus.. tapi kalau dapt yang tidak terawat, dan pemakai sebelumnya seenaknya saja memotret, yaa… nasib :) .. kalau punya dana 4 jutaan, sebaiknya beli saja kamera DSLR baru yang entry level, misalnya 1100D atau D3100..

    anto said:
    Juli 18, 2013 pukul 4:34 pm

    mau nanya gan,,perbedaan antara kamera dslr sma kamera prosumer apa mas? makasih sebelumnya

      imajiplus responded:
      Juli 18, 2013 pukul 9:45 pm

      kamera prosumer, singkatnya kamera saku dengan kemampuan memotret secara manual layaknya dslr. tapi tidak bisa ganti lensa. dan kalau dibandingkan kemampuan manual fotografinya memang tidak semaksimal dslr, karna hanya fitur saaja. dan di prosumer biasanya terdapat kemampuan zoom digital..

    enda said:
    Juli 24, 2013 pukul 5:59 am

    mau tanya ni bang .bgusan mana sensor antara di 3 sensor ini … FullFrame, APS-C dan Four-Thirds.
    tlong kasih alasannya yah ..trimksih…..

      imajiplus responded:
      Juli 24, 2013 pukul 6:28 am

      semuanya punya kelebihan dan kekurangan, tapi yang pasti, semakin besar sensor, semakin besar bobot kamera dan semakin mahal harganya.. :)
      intinya, fullframe adalah sensor kamera setara dengan kamera SLR 35mm jadi tidak terdapat cropfactor. Kamera fullframe biasa digunakan para fotografer pro karna kemampuannya yang menghasilkan gambar sesuai dengan ukuran lensa. Sensor APS-C sensor kamera yang biasa digunakan pada kamera DSLR pada umumnya, memiliki cropfactor 1,5 sd 1,6. ukurannya lebih kecil dari fullframe, jadi ukuran kamera juga lebih kecil, dan lebih murah. Sensor Fourthirds, sensor kamera yang dikembangkan pada kamera Olympus dan mirrorless kamera. terdapat cropfactor hingga 2. Karena ukuran lebih kecil, maka kameranya juga lebih kecil dan lensa yang digunakan juga semakin kecil, makanya kamera mirrorless sangat kompak.. semoga membantu..

    Bank Jack said:
    Juli 30, 2013 pukul 12:47 am

    Mas di Indonesia dimana ada jual EOS Rebel T3 dan
    berapa harganya

      imajiplus responded:
      Juli 30, 2013 pukul 8:37 am

      dibeberapa toko kamera ada yg punya.. cek aja.. kalo harga saya kurang tahu, tp biasanya sedikit lebih mahal dari 1100d

    david said:
    Juli 31, 2013 pukul 12:48 pm

    om,mau tanya nich,mendingan pilih canon 1100D atau canon 450D??
    keunggulan dan kekurangan keduanya apa??makasih…

    Delta said:
    Agustus 2, 2013 pukul 10:17 am

    Maaf mas mgggu waktunya,,, saya mau nanya, apa2 ja yang kita dapat jika kita beli Canon 1100d(rebel t3) baru??? masih perlu perangkat tambahan ga’ untuk pemula…?

      imajiplus responded:
      Agustus 2, 2013 pukul 11:39 am

      biasanya sih standar aja,, body, lensa, charger.. perangkat tambahan sih tergantung. kalo hoby motrt malam berarti butuh tripod. kalo hobi motret berbagai objek jauh maupun makro, berarti butuh macam2 lensa.. mungkin yg perlu tas kamera supaya bawa kameranya aman..

    salman padvinder said:
    Agustus 3, 2013 pukul 1:22 pm

    Maaf ganggu gan, sy rencana mo beli kamera DSLR. pi sy masih bingung pilih yg mana antara Canon EOS DSLR 650D atau Nikon D5100.
    Kira” yg cocok buat sy yg pemula, kamera yg mana yea….

      imajiplus responded:
      Agustus 3, 2013 pukul 1:27 pm

      sama aja.. keduanya kelas menengah.. tinggal cocoknya pakai menu canon atau nikon.. silakan sesuaikan dengan kesukaan.. kalau dr karakter, canon lebih soft dibanding nikon, dan nikon lebih sharp dibanding canon..

    Tobing said:
    Agustus 4, 2013 pukul 10:39 am

    mas, auto fokus d3100 tidak befungsi, tapi manual fokus bisa, kira2 penyebab auto fokus tidak berfungsi apa ya ?

      imajiplus responded:
      Agustus 5, 2013 pukul 12:50 pm

      tombol AF nya udah disetel blom,? atau lensanya sudah pakai yg lensa AF atau ga?

    jeky said:
    Agustus 7, 2013 pukul 11:49 pm

    Kamera D5100/5200/3200 memiliki motor built in di body atau gak, juga untuk 600D/650D. seandainya memilih, bagus mana antara masing2 tipe tersebut? tks

      imajiplus responded:
      Agustus 8, 2013 pukul 12:05 am

      nikon seri 5 dan 3, belum dilengkapi dengan built in focus motor, sedangkan canon sudah dilengkapi built in focus motor. Dari semuanya, fitur yang terbaik ada di D5200, tapi fitur yang lengkap ada di 650D.. jadi silakan tentukan pilihan sesuai dengan kesukaan.. keunggulan D5200 dari 650D : lower nois pada ISO tinggi, focus point yang banyak, kualitas image yg lebih baik, sensor yang lebih besar sedikkit.. sedangkan keunggulan 650D dari d5200: layar touch screen, autofocus shooting video, built in focus motor. demikian

    herman said:
    Agustus 13, 2013 pukul 1:41 pm

    mas saya minta pencerahan,..begini kemarin dari rumah saya berniat membeli nikon d5200 ,..sesampainya di toko si empunya toko ngasih saran ke saya,..” mas2 apa nanti gk nyesel beli d5200, soalnya dah banyak yg komplin terutama masalah SC ,…dia bilanya d5200 SCnya cuman 10.000 itupun termasuk video,…terus saya disarankan beli yg d5100 ,.dia bilang SCnya sampai 150.000..mendengar penjelasan org itu saya jadi ragu ,…dan saya tunda sambil mencari pencerahan tentang ini,……apa benar itu mas tolong pencerahannya..tq

      imajiplus responded:
      Agustus 13, 2013 pukul 7:01 pm

      ahh masa sih? setahu saya sampai saat ini gak ada yg tahu seberapa banyak sc sebuah kamera dslr yg dikeluarin produsen. kebanyakan cuma nebak2 aja.. dan menurut saya gak mungkin kalau sc dslr sekelas d5200 cuma 10000 foto.. mungkin yg jualnya lagi mau ngabisin stok d5100,, secara udah muncul penerusnya hehe

    jeky said:
    Agustus 14, 2013 pukul 12:54 pm

    seandainya memilih, bagus mana antara nikon D5100 dibanding Canon 600D? sama-sama lcd nya model flip kan! ohya, keunggulan seri di Nikon dan Canon itu apa ya? ada yang bilang kalo Nikon bagus di luar ruangan, tetapi Canon lebih bagus di dalam ruangan, apa sebaliknya? ….. terus Nikon lebih tajam tetapi Canon lebih soft hasil jepretannya? nah, untuk pmakaian sering di dalam ruangan sebaiknya saya memilih yang mana diantara seri yang ditawarkan nikon ataukah canon? khususnya kedua seri yang saya sebut diatas deh… tengyu mas…,, salam

    november rain said:
    Agustus 15, 2013 pukul 11:18 am

    Salam kenal mas…..saya barusan beli Nikon D3200. Baru pakai 1 minggu autofocusnya macet. Mohon pencerahannya….apakah ada yg salah pd saat operate??? Apakah bisa di re-set biar bisa jalan lagi autofocus nya???? Terima mas…saya tunggu pencerahnnya. Salam

      imajiplus responded:
      Agustus 15, 2013 pukul 6:01 pm

      macet maksudnya gimana? kalau manual fokus bisa? tombol auto fokus di lensa sudah on belum? kalau sudah,, berarti ada masalah di elektronis af di body kameranya.. mumpung masih garansi,, bawa aja dulu ke toko pembelian, atau langsung ke service center.

    jeky said:
    Agustus 15, 2013 pukul 7:03 pm

    wah,,, blm dijawab nih

      imajiplus responded:
      Agustus 15, 2013 pukul 7:50 pm

      hehe.. kelupaan.. nanya pembandingan D5100 ama 600D ya?? menurut saya, D5100 lebih banyak unggulnya dibanding 600D.. misalnya; HDR, video autofocus, low noise in high ISO, ISO boost nya lebih tinggi, kualitas image lebih baik… kelebihan 600D sudah punya motor focus di body, jadi bisa pakai lensa lebih beragam.. Nikon memang lebih sharp dibanding canon karna hasil nikon menggunakan 300 dpi, sedangkan canon 72 dpi.. tapi hal ini bisa di atur dengan photoshop,, jadi tergantung kesukaan aja.. mau nikon atau canon..

        Nani said:
        Agustus 19, 2013 pukul 10:03 pm

        Mas, saya mau tanya, kan saya baca artikel” sebelumnya Dslr nikon bisa diliat sudah brp kali pemakaian SC, itu bisa diliat dimananya y mas?
        Klo Nikon Coolpix itu ada SC nya gak mas?
        Tq.

        imajiplus responded:
        Agustus 21, 2013 pukul 12:10 am

        untuk tahu sudah berapa SC di kamera nikon, bisa lewat online di http://www.nikonshuttercount.com/.. caranya, ambil foto dengan kamera format jpg, lalu upload ke situs tersebut, nanti akan muncul nomer shutternya.. semua kamera digital, termasuk handphone kamera,, memiliki shuttercount.

    nadya said:
    Agustus 19, 2013 pukul 6:14 pm

    om, sebenernya buat pemakaian jangka panjang dan bakal beli bbrp tambahan lensa,fitur builtin focus motor itu penting gk? syg bgt kl lensa jadul gbs dpake di nikon. aku interest bgt sm hasilnya nikon, bahan lensanya jg top. tp budget terbatas jd pgn beli nikon kisaran seri 3 aja. tp kalo liat pemakaian kata penjualnya lensa canon lbh variatif dan murah kalo beli yg bodinya cm kelas entry level. jd biar bs jangka pjg mending mn ya?

      imajiplus responded:
      Agustus 21, 2013 pukul 12:22 am

      sebenarnya, semua lensa bisa digunakan pada body kamera yang sama brand. jadi, lensa lawas nikon, pasti bisa digunakan pada body kamera nikon terkini sepanjang mount lens nya sama.. hanya saja, fitur autofocus tidak bisa digunakan kalau lensanya bukan lensa seri digital (AF-S).. memang kamera nikon entry level belum dilengkapi dengan built in motor focus,, jadi kalau menggunakan lensa non digital, fitur AF tadi gak berfungsi (focusnya harus manual, gak masalah kalo mata fotografer masih baik dalam melihat focus di jendela bidik). beda dengan canon, yang middle levelnya sudah dilengkapi dengan fitur built in motor focus. Mengenai lensa, memang varian lensa lebih banyak pada canon, karena canon membedakan lensa pada 2 jenis, yaitu lensa biasa dan lensa seri L, so keduanya memiliki kualitas dan harga yang berbeda.. kalau boleh diistilahkan, lensa generik dan lensa mewah… sedangkan nikon, tidak membedakan seperti itu, tapi membedakan dengan lensa AF-S untuk digital, dan AF-D untuk non digital (kalau dipakai di kamera digital SLR, harus memiliki motor focus pada body kamera). untuk pemakaian jangka panjang sebaiknya membeli body kamera yang middle atau semipro sekalian,, seperti D90, atau d5200.. tapi kalau budget tidak mencukupi, seri 3 juga sudah lumayan,,walaupun dengan berat hati saya bilang kurang mumpuni untuk penggunaan jangka panjang.. :D

    dastan said:
    Agustus 23, 2013 pukul 5:39 pm

    MAs Bro, Filter yang bgus bwt canon 60 D apa ya??
    Harga sekitar brp??

      imajiplus responded:
      Agustus 24, 2013 pukul 5:22 am

      filter untuk apa mas? untuk melindungi lensa bisa pakai filter UV. kalau harga, sy kurang hafal.. kalau ga salah puluhan ribu aja.

    dastan said:
    Agustus 24, 2013 pukul 12:09 pm

    untuk foto landscape, ma untuk UV beda ga mas..

      imajiplus responded:
      Agustus 24, 2013 pukul 10:15 pm

      bisa.. uv buat mengurangi efek sinar uv pada foto landscape. era digital, jarang orang gunakan filter karna semua dilakukan di kamar gelap digital alias photoshop.

        hafidz said:
        Agustus 25, 2013 pukul 3:58 pm

        mau nanya ne mas kalo buat vidio dengan kamera dslr tu ngaruh ke sc gak sih?? apa kalo vidio sendiri ada batasan umur seperti sc itu sendiri?? thaks

        imajiplus responded:
        Agustus 25, 2013 pukul 4:03 pm

        sama om.. video juga mengurangi sc.. video sama dengan still foto di gabungkan dalam timeline.. so berpengaruh sama pengurangan sc

    hafidz said:
    Agustus 25, 2013 pukul 4:13 pm

    lanjut nanya om berarti kalo buat vidio dengan durasi panjang buat sc boros ya om, soalnya kamera ane mau dipinjem buat bikin vidio tapi ane belum tau ngaruh gak ke sc? terus ada perhitungannya gak kalo buat vidio berapa menit membutuhkan sc berapa gtu, thanks

      imajiplus responded:
      Agustus 25, 2013 pukul 5:37 pm

      emang untuk video kualitas resolusi tidak seperti foto, karena paling tinggi kualitas HD full itu 1080×1920 atau 1280×720 masih dibawah kualitas still foto.. bberapa brand kamera seperti nikon seri 5xxx atau canon seri 6xx sekarang, mengkhususkan diri buat video cam.. so produsen sudah menyiapkan kemampuan kamera dalam hal ini sc nya untuk menampung video.. yg penting,, gunakan kamera dslr anda dengan bijak dan rawat sebaik2nya,, semoga sc nya awet.. :)

    hafidz said:
    Agustus 25, 2013 pukul 4:39 pm

    pie om??

    hafidz said:
    Agustus 25, 2013 pukul 6:31 pm

    owh ok om mau nanya 1 lg ne sory banyak nanya, berarti kalo buat nikon d3200 punya ane ne vidionya gabung sama scnya ya belum menyendiri gtu, tq banyak dah

      imajiplus responded:
      Agustus 25, 2013 pukul 6:33 pm

      semua seri gabung, gak ada yg terpisah.. 😑

    galah said:
    Agustus 27, 2013 pukul 6:34 am

    saya rencana mau membeli dslr untuk pemula, bagus mana antara D5100/ D90 second.
    budget saya 6juta, bisa lebih dikit. kalo di d5100 saya suka noisenya yg bagus di iso tinggi & teknologi yg udah lebih baik, sedang di d90 saya suka krna udah pake mirror yg semipro & built-in body motor. minta bantuan untuk kedepannya lebih enak yg mana?
    trus untuk lensa apa yg cocok dg style ku?
    saya suka macro & juga kadang landscape. untuk model kadang” tp jarang.

      imajiplus responded:
      Agustus 27, 2013 pukul 10:15 am

      DSLR untuk pemula seri nikon d5100 atau d3200… (seri 3 dan 5).. budget 6 juta,, memang sebaiknya beli d5100 new aja.. lensanya ambil kit 18-105mm. kalau D90, harga segitu dapeat seken.. cuma mungkin kurang maksimal…karna D90 seken kondisi terbaik biasanya harganya di atas 7 juta dengan lensa. kalau lensa.. untuk yang hoby motret makro,, cari lensa makro seperti lensa fix 60mm makro.. kalau landscape, lensa kit tadi sudah bisa digunakan… memang kalau dari spesifikasi kamera, D90 unggul diatas d5100.. namun fitur yang didukung d5100 mirip dengan d90.. dan menurut saya,, untuk kamera DSLR,, lebih baik beli baru daripada seken, tapi kita kurang tahu sejarah kamera sekennya.. tapi kalau tau.. boleh pertimbangkan kamera seken dengan seri atas tapi harga miring.. :)

    novacmichaels said:
    Agustus 30, 2013 pukul 1:32 am

    mas sy mau tanya dengan yg lebih paham,
    1).apa benar kalau eos 1100d dibelikan kamera yg bagusan (biasanya mahal) hasilnya bisa “jos gandos” ?? (terlepas dr faktor x’s)
    2). menurut budget pilihan sy pada eos 650D atau d5200, menurut mas, lebih baik beli 5200d nanti menyusul beli AF-S nya atau beli EOS 650?
    krn menurut sy peran lensa sangat besar dan harganya setara dengan camera.
    3).mohon dijawab ya mas, termiakasih banyak

      imajiplus responded:
      Agustus 30, 2013 pukul 10:42 am

      1. Maksudnya lensa’? Yup.. Bisa jadi. Lensa adalah matanya kamera. Semakin bafus lensa, maka hasilnya pun makin bagus.. But, tergantunfg fkemampuan motret fotografernya..
      2. Saya lebih prefer d5200,, alasannya sudah sering sy sampaikan di blog ini.. Searching aja ya..

    novacmichaels said:
    Agustus 30, 2013 pukul 10:57 am

    waduh iya mas “lensa” (saking semangatnya)… soalx sy kepikiran utk beli bodi yg terjangkau saja tapi lensax yg bagus2. klo milih2 bodi sy udh capek “diracun” sana sini ha ha>> terima kasih banyak

      imajiplus responded:
      Agustus 30, 2013 pukul 11:02 am

      Body bisa menyusul nnti.. Sekarang beli dulu yang midle,, kedepan kalo lensa sudah lengkap, tinggal beli body yg semipro seperti d7100, atau d300.. Tinggal nabung dl aja. Hehe

    Gendon said:
    September 6, 2013 pukul 12:12 am

    maaf mas saya cuma mau ngasih review aja nih. kebetulan saya juga pemula. saya waktu itu awalnya udah hampir deal beli 600D. karena waktu itu saya beli ga cuma untuk belajar, tapi juga untuk membuat video. jadi tertarik untuk beli 600D karena layar nya udah bisa diputar. tapi gatau kenapa hati saya tetep pengen nyoba Nikon. karena saya sudah lumayan sering megang Canon, walaupun itu pinjaman. saat sudah deal, si penjualnya ngejelasin kalo banyak yg beli produk Canon pada komplain ke dia. dan akhirnya saya pun deal dengan Nikon D3100, sesuai dengan hati saya. D3100 bagus untuk entry lever photographer. untuk warna dan gambar ajam. asal settingannya tepat, hasil gambarnya ga akan kalah kok. sekian :)

      imajiplus responded:
      September 7, 2013 pukul 5:01 am

      oke… betul banget.. seperti yang saya bilang “not the tools, but the man behind the gun”… tapi kalau canon sering rusak,, itu sih mungkin tergantung pemakaian ya.. atau bisa jadi cacat pabrik.. thanks reviewnya..

    Gendon said:
    September 7, 2013 pukul 9:05 pm

    iya mas. mungkin yg make kurang rapih aja kali ya yg pada komplain. oiya, mau ngasih saran buat sesama pemula aja mas. jangan takut takut sama shuttercount. semakin takut, ya malah ga jago jago nanti motretnya. malah buluk ga kepake kamera nya. mau Canon mau Nikon, sama bagusnya. gausah ragu untuk milih. untuk hasil jepretan, itu tergantung anda. bukan tergantung kamera nya. pikirkan budget, dan lingkungan anda pada pake kamera apa sebelum membeli DSLR. usahakan cari trik tips mulai dari perawatan, dan cara setting untuk ISO, shutterspeed dan aperture. kalo pake DSLR hanya pake Auto, sayang. hehe terima kasih, salam jepret :D

    nn said:
    September 8, 2013 pukul 10:13 am

    mas mau tanya tentan fleksibel canon eos 600d apakah cepat rusak apa tidak?
    soalnya saya bingung mau beli eos 1100d atau eos 600d.

      imajiplus responded:
      September 8, 2013 pukul 10:33 am

      Tergantung perawatan mas.. Kalo ga dirawat dengan baik, misal pemakaian kasar, sembrono, ya bisa gampang rusak. Tapi kalao kita apik, banyak kawan saya pakai DSLR dgn LCD flexible masih bagus walau pemakaian lama. So.. Gimana kita menyayangi kamera kita masbro..

    yan pratama said:
    September 17, 2013 pukul 9:51 pm

    om, mau nny..
    klo nikon d3200 dgn canon 600d untuk foto mlm tanpa flash bagus mana yah…
    saya coba nikon, pas d pake mlm ko g dapet feel ny yah…

      imajiplus responded:
      September 17, 2013 pukul 11:33 pm

      untuk motret malam punya trik sendiri.. dalam teori fotografi, namanya exposure time,,,, ada banyak faktor keberhasilan dari foto malam.. seperti ketersediaan available light, kepiawaian penguasaan triangle exposure,,, pemahaman akan cahaya sekitar,, dan banyak lagi… so,, bukan seri / merk kamera yang mempengaruhi… tapi seringnya latihan yang memadai dari fotografernya sendiri..

    unikeebaitiisarii said:
    September 19, 2013 pukul 7:55 pm

    mau tanya mas, untuk brand canon dengan budget 8juta. lebih baik memilih kamera dslr yang kelas pemula apa yang menengah ya mas? kalo yang pemula tipe apa, kalo yang menengah tipe apa. terimakasih :)

      imajiplus responded:
      September 20, 2013 pukul 1:50 pm

      Kelas pemula bisa 100d atau 700d.. Untuk menengah.. Masih mumpuni pakai 60d.. Atau mau tunggu 70d dipasaran juga boleh.. Tp harga pastinya belom keluar

    unikeebaitiisarii said:
    September 20, 2013 pukul 6:16 pm

    kalau untuk pemula, 650d, 100d sama 700d lebih unggul yang mana?

      imajiplus responded:
      September 20, 2013 pukul 8:47 pm

      Seri terbaru 100d… ,,70d kelas semipro…

    Halim said:
    September 22, 2013 pukul 7:41 am

    Mau tanya… rencana beli kamera 60D atau D5200….Budget 8 juta-an lebih dikit… mengingat 60D kan produk lama tahun 2010… kira-kira lebih tepat yang mana… fungsi utama… outdoor, wedding sama video dokumenter… thank’s ya…

      imajiplus responded:
      September 22, 2013 pukul 8:41 am

      Kalau ingin yg terkini,, ya d5200 atau 700d,, kedua seri itu punya nilai plus di videography.. Tapi klau seri 60d jelas beda peruntukan.. Karna seri itu masuk kelas semipro untuk kegiatan fotografi…

    Halim said:
    September 22, 2013 pukul 9:48 am

    Untuk hasil dan kualitas dan manfaat dalam jangka waktu lama serta techology yang tidak terlalu signifikan kalah di tahun berikutnya kira-kira recomended mana eos 60d/700d/nikon d5200… inginnya untuk kedepan cukup upgrade lensa bukan kamera-nya. atau ada recomended lain… secara fungsi cukup kompleks… budget 8-9jt… trmksih jawabannya…

      imajiplus responded:
      September 26, 2013 pukul 7:19 am

      kalau untuk jangka waktu yang lama dengan teknologi yang tidak ketinggalan beberapa tahun ke depan,, saya prefer 700d,, karna itu teknologi terakhir saat ini.. tapi untuk pemakaian jangka panjang,, sebaiknya 70d (penerusnya 60d) karna kelasnya yang semipro..hanya harganya sampai saat ini saya belum tahu..tapi kisarannya 11/12 juta.. tapi dari segi fitur,, saya prefer d5200…

    masyhudy said:
    September 23, 2013 pukul 1:41 am

    baterai nikon d5200 kalo skali charger tahan brapa lama ya mas kalo digunakan buat sehari-hari, cara merawat baterai yang baik dan benar gmana mas??, trus baterai sya pernah terjatuh dari temoat tidur tapi cuman sekali, apa pengaruh mas ke daya tahan baterai???

      imajiplus responded:
      September 25, 2013 pukul 6:59 am

      untuk kemampuan battere,, tergantung pemakaian.. tapi secara teori battere d5200 mampu mengambil gambar hingga 500 shoot.. cara merawat battere,, gunakan battere jangan sampai habis,, jadi kalau indikator battere sudah menunjukkan 10-20% (bisa dilihat di menu battere,,,) segera isi ulang.. battere yang pernah jatuh memang mempengaruhi kinerja battere.. jadi hati2 ya..

    cahyono said:
    September 26, 2013 pukul 8:18 am

    Mas sekarang q pake panasonic GF1, pengen naik ke DSLR nih….
    Pilihan q di 550d 2nd atai 1100d new..
    Menurut mas dari dua kamera teraebut mensing mana ya?
    Kalau lihat review bagus 550d…

      imajiplus responded:
      September 26, 2013 pukul 10:26 am

      jelas speknya jauh diatas 550d… tapi kalu beli seken,, pastikan dapat barang yang jelas.. dan terawat… tapi kalau mau aman..beli new aja

        cahyono said:
        September 26, 2013 pukul 10:44 am

        Kebetulan ada yang nawarin 450D, dslr yg udah berumur juga dilihat dari pertama kali beredar…
        Tapi shutter count baru 1000an. Apakah itu normal? Cz q tanya ke sellernya belom pernah ganti shutter…
        Kondisi fisik masih ok, mulus, fungsinal work whell semua…
        Kalau untuk saat ini masih recomended ga ya ambil 450D 2nd….

        imajiplus responded:
        September 26, 2013 pukul 11:00 am

        Wah.. Jarang amat dipake tu kamera,, tp menurut pengalaman,, barng elektronik jarang dipakai malah rentan kerusakan.. Tapi kalau lihat penampakan dan sudh uji coba tidak ada masalah sih gak apa2 beli .. Hnya untuk fitur,, kamera ini sudah sangat uzur sekali. Kalau 550d sih saya masih recommended,, tp untuk ini,, sy sih sarankan pikir2 dl..

        cahyono said:
        September 26, 2013 pukul 1:16 pm

        Y keraguannya sih itu udah ganti shutter atau memang belom…
        Oiya itu kiss x2 mas… Jadi sama 450d.
        Yg japan market…

        imajiplus responded:
        September 26, 2013 pukul 1:51 pm

        Kalo ragu ,, jangan.. Tapi saya punya pengalaman,, kawan saya ada kamera canon yg builtup luar,, waktu ada kerusakan,, datasript gak mau nerima.. Alasannya bukan untuk pasar indonesia.. So pikirkan masak2 deh

    Wall said:
    September 27, 2013 pukul 11:07 am

    Oke..terimakasih pengetahuannya…nambah lagi ilmu nih….

    lathif said:
    Oktober 7, 2013 pukul 11:15 am

    berarti dicamera EOS 1100D ada batas 50ribu jepretan. ?? kalo boleh tau itu nanti efeknya apa ya mas ? apakah akan ada kerusakan di camera tersebut atau yang lainya,,maaf mas baru pemula hehe

      imajiplus responded:
      Oktober 7, 2013 pukul 11:18 am

      Kalao batas jepret itu.. Masa guna sensor cahaya yg ada di kamera digital yang namanya cmos atau ccd itu. Efeknya kalao sudaj habis, ya gak bisa dipake motret lagi sampai sensor diganti baru

    Zainal Arifin said:
    Oktober 7, 2013 pukul 3:21 pm

    Nikon D3200 vs Canon 650D overall bagusan mana mas?
    Thank’s

      imajiplus responded:
      Oktober 7, 2013 pukul 4:13 pm

      Secara keseluruhan,, saya rasa hampir sama,, cuma dari resolusi dan kemampuan low noise pada iso tinggi lebih baik nikon. Keunggulan canon ada pada layar lcd yg flip dan touch screen, dan punya motor focus di body.

    Romi said:
    Oktober 12, 2013 pukul 10:15 am

    Mas…, mana yang lebih unggul Nikon D3100 vs Canon 600D…?
    thanks….

      imajiplus responded:
      Oktober 12, 2013 pukul 10:43 am

      berdasarkan spek yang dibawa masing2 kamera,, lebih unggul 600d.. diantaranya memiliki layar lcd flip, bisa pasang mic external, resolusi yang lebih tinggi, seperti biasa keunggulan canon middle dibanding nikon sudah memiliki buid in focus motor di body, dan iso yang tinggi..

    Andreansyah Lulik Sumaryono said:
    Oktober 14, 2013 pukul 2:23 pm

    mau nanya mas, kamera apa yang harus saya beli jika penggunaanya untuk : foto yang minim cahaya (selalu malam hari), close up dan foto obyek produk, dan foto obyek bergerak. dengan dana 5 juta an. makasih

      imajiplus responded:
      Oktober 14, 2013 pukul 8:55 pm

      semua DSLR bisa digunakan untuk keperluan yang anda sebutkan.. tinggal penguasaan teknik dasar memotret saja..misalna; foto minim cahaya gunakan tripod untuk meminimalisir efek shaking penggunaan shutter speed rendah, foto produk butuh lensa tele atau makro, foto objek gerak bergantung pada pemilihan SS yang tepat, freezing atau blurring… untuk budget segitu bisa beli entry level seperti canon 1100D atau nikon d3200..

    fox said:
    Oktober 18, 2013 pukul 9:07 am

    mas.. mohon bantuannya.. saya ingin membli dslr, tp budget saya sangat terbatas hanya 6jt..
    saya bingung bagusnya beli nikon d3200 lensa kit 18-55.. atau lebih baik canon 1100d dengan lensa kit 18-55 dan bisa langsung bisa beli lensa canon fix 50mm f/1.8.
    atau lebih baik beli nikon dlu trus nabung lagi untuk beli lensa2 nikon.. tapi lensa nikon untuk d3200 pricenya lebih mahal karena harus beli lensa yg afs. sedangkan kalo beli canon pastinya lebih hemat.. bener2 mohon pencerahannya mas.. saya benar2 bingung.
    saya untuk hobi dan kalo bisa untuk mencari seseran sebagai fotografer amatir di daerah.

      imajiplus responded:
      Oktober 18, 2013 pukul 3:43 pm

      kalau dari spek,, saya lebih sarankan nikon D3200 dengan spek nya yang lebih baik.. seperti resolusi dan iso lebih tinggi. Kalo masalah lensa, kalau budgetnya terbatas, bisa beli lensa pengganti dari merk seperti tamron, sigma, dll… atau beli lensa nikon seken yang baik… atau nabung aja dulu.. hehe,, karna spek d3200 mendekati canon 650D

    fox said:
    Oktober 18, 2013 pukul 9:08 am

    terima kasih sebelumnya mas

    Asep said:
    Oktober 27, 2013 pukul 1:01 am

    salam kenal mas ….mo tanya nih ..hasil jepretan nikon d3200 cenderung kuning kalau sudah di cetak terus kalau di transper ke computer lebih gelap ,padahal tampilan di LCD nya terang ..trima kasih atas jawabannya …

      imajiplus responded:
      Oktober 27, 2013 pukul 12:24 pm

      apakah settingan White Balance nya sudah betul sesuai dengan lingkungan pencahayaannya?

    Fahmi said:
    November 4, 2013 pukul 12:52 pm

    mau nanya mas, saya punya kamera canon 1100d. udah sekitar 5 bulan pemakaian. tiap ambil gambar sih ok ok saja. tapi belakangan ini kalau ngambil gambar yang punya bayangan gelap tuh seperti berjamur ketika di zoom. lensa udah saya bersihkan setiap mau pemakaian tapi tetap hasilnya seperti itu. mohon bantuannya mas. terima kasih

      imajiplus responded:
      November 5, 2013 pukul 11:36 am

      Saya tanya dulu ya…Cara penyimpanan kamera nya bagaimana? Apakah berpotensi timbul jamur di lensa? Bayangan seperti berjamur itu kaya gimana?? Bisa upload contoh fotonya?

        fahmi said:
        November 9, 2013 pukul 10:31 pm

        untuk cara penyimpanan saya simpan di lemari kaca. apakah itu berpotensi menimbulkan jamur pada lensa atau bagaimana mas. untuk hasil fotonya bisa saya kirim ke email mas saja yah

        imajiplus responded:
        November 18, 2013 pukul 5:41 am

        maaf baru balas,, baru dari luar kota.. :) ,, lemari kacanya ditaruh dimana? yang penting diletakkan diruangan dengan pencahayaan cukup.. tapi kalau lembab, berpotensi jamuran juga.. boleh,, coba saja kirim fotonya ya..

    mukti said:
    November 5, 2013 pukul 11:09 am

    mas,
    bagusan mana antara canon eos 60D, eos 700D dan nikon D5200?
    terima kasih atas responnya.

      imajiplus responded:
      November 5, 2013 pukul 11:33 am

      Dari sisi teknologi dan software,, lebih mutakhir 700d,, tapi dari kelas lebih tinggi 60d.. Kalau dari sisi kelebihan fitur dan harga,, lebih baik d5200..

    mukti said:
    November 5, 2013 pukul 11:22 pm

    mas salam kenal,
    mau tanya nih,secara keseluruhan lebih bagus mana antara nikon D5200, canon 60D dan canon 700D?
    terima kasih atas jawabannya.

    salam,

    irul spyro said:
    November 7, 2013 pukul 3:09 am

    Mau tanya mas,
    Bedanya canon 60d sama canon 100d selain dari ukuran fisik kameranya apaan lagi ya ? Lalu lebih unggul yang mana kalau tanpa melihat harga, soalnya kalau liat harga biasanya gak boong…heehee…
    Terima kasih banyak mas

      imajiplus responded:
      November 7, 2013 pukul 5:57 am

      Yg jelas keduanya beda kelas,,, 60d kelas semipro dan penerusnya ada 70d.. Sedangkan 100d kelas entry level… Bisa ketebak unggul mana??? Hehe…

    irul spyro said:
    November 7, 2013 pukul 3:15 am

    Mau tanya mas,
    Bedanya canon 60d sama canon 100d selain dari ukuran fisik kameranya apaan lagi ya ? Lalu lebih unggul yang mana kalau tanpa melihat harga, soalnya kalau liat harga biasanya gak boong…heehee…
    Terima kasih banyak mas

    dimas said:
    November 7, 2013 pukul 8:38 am

    mas mau tanya,secara keseluruhan lebih bagus mana antara canon 60D, canon 700D dan nikon D5200?terima kasih.

    zely said:
    November 7, 2013 pukul 3:51 pm

    mas pengen cari flash buat canon 60d, yg ga terlalu mahal tp sudah usefull, apa ya??

      imajiplus responded:
      November 18, 2013 pukul 5:44 am

      kalau sesuai budget,, bisa lihat di http://www.camera.co.id ,, nanti kalau sudah ada yang cocok,, mau tanya fitur,,, silahkan.. soalnya bingung kalau disesuaikan budget.. :)

    didi dian said:
    November 17, 2013 pukul 6:03 pm

    Maaf mas mau tanya, sy pemula nih ingin beli kamera dslr. Hanya msh bingung, apalg stlh baca2 komentar yg ada. Tdnya pilihan sy jatuh ke canon 650d. Kl boleh tau kelemahan canon 650d apa ya mas? Atau bs recomend utk pilihan yg lain? Trims sblmnya.

      imajiplus responded:
      November 18, 2013 pukul 6:16 am

      berdasarkan speknya,, lumayan sih.. tapi sekarang sudah ada penerusnya,, 700d,, harga sekitar 8 jutaan dengan kit 18-55

    didi dian said:
    November 18, 2013 pukul 9:46 am

    Budgetnya 6-7an. Sy jd bingung stlh baca2 komentar yg ada. Apakah canon atau nikon ya? Hehehe……pemakaian hanya utk dokumentasi pribadi aza in-out door. Tp ingin yg bs memfoto sendirinya (kamera blkg mksdnya). maaf nih bnyk pertanyaan, maklum pemula utk menggunakan kamera dslr

      imajiplus responded:
      November 19, 2013 pukul 4:55 am

      Kalau merk, saya serahkan kepada anda, yg penting menu yang ada cocok buat anda. Kalau budget segitu, bisa nikon D5200 atau canon 650d,, tapi kalau ga salah 7 jutaan lebih. Kalau untuk selfportrait cari yang lcd nya bisa diputar, kaya dua kamera tsb.

    Nenny said:
    November 19, 2013 pukul 12:00 am

    Mas mau tanya,untuk lensa nikkor apa maksudnya ada seri AF-D dan AF-S dan apa fungsi masing2 lensa tersebut?

      imajiplus responded:
      November 20, 2013 pukul 7:29 am

      Perbedaan dari kedua jenis lensa tersebut ada pada autofocus nya.. kalau AFD, jenis lensa yang bisa digunakan pada DSLR apapun, namun untuk memanfaatkan autofocus harus menggunakan kamera nikon DSLR yang telah mempunyai motor focus sendiri di bodynya, seperti D90, D7000, D700, D600, dsb… tapi kalau digunakan pada seri D3100, D5100 dsb, autofocus tidak bisa digunakan.. sedangkan lensa AFS, adalah seri lensa yang muncul bersamaan dengan DSLR nikon dilahirkan, jadi seri AFS adalah lensa yang diperuntukan untuk kamera digital SLR.. jadi autofocusnya bisa digunakan untuk semua kamera DSLR nikon tanpa terkecuali.. perbedaan lain, harga keduanya berbeda, lebih murah AFD.. dan dari segi fisik, lensa AFD memiliki ring diafragma, sedang AFS tidak, karena secara digital akan terbaca pada body kamera DSLR.. semoga membantu..

    Nenny said:
    November 19, 2013 pukul 12:03 am

    Minta saran untuk pemilihan lensa yang bisa multi fungsi,maksudnya support utk foto makro,landscape,tele…itu kalo lensa nikkor yang apa ya mas?

      imajiplus responded:
      November 20, 2013 pukul 7:31 am

      kalau untuk multifungsi, bisa lensa sapujagat, misalnya 18-105 ztzu 18-200.. jadi dari lensa wide hingga tele ada… tapi kalau lensa makro, anda harus beli terpisah, misalnya lensa 60 makro atau 100 makro…

    Reza Pra said:
    November 25, 2013 pukul 3:09 pm

    Saya Mau Tanya, Saya Mau Beli Camera DSLR Canon ,sebaiknya saya pilih EOS 60D Atau 600D ?

    Mohon Jawabanya :)

      imajiplus responded:
      November 26, 2013 pukul 4:46 pm

      saya prefer 60D karna serinya semipro.. yang pasti lebih banyak kelebihannya.. (bisa lihat komen2 sebelumnya, saya sudah banyak jelaskan panjang lebar mengenai ini).. :D

    Nenny said:
    Desember 4, 2013 pukul 2:17 pm

    mas..bedanya kamera yang BM dan yang resmi apa ya mas?

      imajiplus responded:
      Desember 4, 2013 pukul 2:29 pm

      Garansinya… Kalo bm hanya garansi toko..

    shandi putra said:
    Desember 4, 2013 pukul 8:43 pm

    Mas.. Mau taaanya saya punya kamera 60d canon. Pas lagi mau tak buat ambil foto pas nekan tombol shuter di layar tampil tulisan aperture ap gt lho mas… Lupa aq.. Kata temen2 aq sih itu ada masalah di motor aperturnya. Kira kalo buruk2 nya ganti motornya gt biayanya mahal gak mas…? Kisaran brp? Hiks… Garansi sudah habis juga..
    Mohon infonya mas… Terimakasih.

      imajiplus responded:
      Desember 4, 2013 pukul 9:18 pm

      Tapi masih bisa ambil gambar ga? Yang pasti gak akan semahal kalo beli baru.. :)
      Coba aja bawa dulu ke datasript terdekat, biar pasti dicek dulu.

        shandi putra said:
        Desember 4, 2013 pukul 11:57 pm

        Nah itu masalahnya mas… Waktu di tekan shuternya langsung kluar masage kyk gt. Intinya ada masalah di aperturnya mas.. Gak bisa ambil gambar.. Tp masih bisa nyala. Kok bisa tiba2 bgt knp ya mas? Kira2 biayanya brp sampai brp mas.. biar aq bisa nabung dulu..

    Nenny said:
    Desember 5, 2013 pukul 9:02 pm

    Berarti untuk kualitas dan spare partnya (mesinnya)sama aja ya mas antara yg BM dan yg resmi?

      imajiplus responded:
      Desember 5, 2013 pukul 10:28 pm

      Yup.. Demikian

    chris said:
    Desember 20, 2013 pukul 8:37 pm

    Mas sya mau nay klo nikon d5100 di pasang degn lensa sigma 70-300 cocok ap ga ya

      imajiplus responded:
      Desember 22, 2013 pukul 8:48 am

      ya cocok aja… selama mountingnya memang untuk nikon

    windarizal said:
    Desember 21, 2013 pukul 11:19 am

    Mau nanya mas, charger kamera 550 d sama ga sama 600d?

      imajiplus responded:
      Desember 22, 2013 pukul 8:51 am

      kalau tidak salah, sama…

    cipto said:
    Desember 21, 2013 pukul 8:16 pm

    salam jumpa mas… lsg aja mohon info, apa perbedaan lensa merek nikon AF-D, AF-S, PC lense dan nikon 1 lense…. dan lebih tepat pakai yang mana kalau untuk pemotretan jurnalistis media cetak.
    terima kasih dari cipto- purwokerto

      imajiplus responded:
      Desember 22, 2013 pukul 9:08 am

      AF-D: autofocus pada lensa ini hanya bisa digunakan pada kamera DSLR dengan built in motor focus karena tidak memiliki motor fokus sendiri.. seperti D90, D7000, dll..
      AF-S: autofocus pada lensa ini bisa digunakan diseluruh jenis kamera DSLR..karena telah memiliki motor focus sendiri.
      PC-E: lensa yang memiliki fitur tilt shift, sehingga lensa bisa digeser mengubah perspektif. Biasanya digunakan untuk fotografi arsitektur, namun harus memiliki pengetahuan dasar dulu tentang basic composition.
      1Nikkor: lensa untuk kamera mirrorless
      untuk keperluan jurnalistik, apapun bisa digunakan yang penting fotografernya memahami betul kamera yang digunakan.. not the tools, but the man behind the tools..

    aeisy said:
    Desember 24, 2013 pukul 11:30 pm

    Permisi mas, mau tanya
    Untuk canon 600D, flip LCD katanya rentan rusak? Apakah betul
    Ada saran mas, soalnya sy mau beli canon 600d.
    Suwun

      imajiplus responded:
      Desember 25, 2013 pukul 7:09 am

      Tergantung pemakaian.. Kalau pakainya hati2 dan dijaga,,, biasanya sih aman2 saja… Kalau saran saya,, gunakan flip lcd seperlunya saja. Kalau membutuhkan angle tertentu yang harus pakai flip saja.

    aeisy said:
    Desember 25, 2013 pukul 10:45 am

    Mohon info harga eos 600D brapa ya, Sy hunting canon 600D didaerah solo, harganya beragam, ad yg 5,7 ad yang 6,1 bahkan ad yg 6,5
    Pdhl didaerah yg sama dan waktu yg sama
    Kl boleh tau gmn cra ngerti keaslian? Apa itu data script?
    Kl beli dg kardus segel terbuka/barang yg dipajang, aman g ya mas bro.
    Suwun

      imajiplus responded:
      Januari 6, 2014 pukul 2:34 pm

      kalau harga memang beragam,, tergantung daerah dan pasti terkait ongkos mendatangkan barangnya… keasliannya bisa dilihat di kartu garansi ,, tertulis datascript dan biasanya ada hologram… datascript adalah service center canon yang resmi… kalau dus terbuka,, memang demikian,, biasanya dibuka untuk cek kelengkapan dari pabrik.. demikian

    enristya aan said:
    Desember 26, 2013 pukul 3:10 pm

    mas,saya mau tanya…saya baru memulai dan boleh dikatakan amatir sekali,baru mau beli kamera…menurut mas,,,untuk taraf belajar akan lebih bagus memakai kamera second dulu,atau langsung beli baru,,,mengingat soal SC tadi…

      imajiplus responded:
      Desember 26, 2013 pukul 3:15 pm

      Beli baru saja. Ada kelas entri level yg dikhususkan untuk pemula dengan harga terjangkau.

    pay said:
    Januari 6, 2014 pukul 12:43 pm

    keren,, sangat membantu bagi pemula…….

      imajiplus responded:
      Januari 6, 2014 pukul 2:35 pm

      termia kasih juga…

    i t a !! (@bellejosephira) said:
    Januari 12, 2014 pukul 9:57 pm

    infonya dong ,
    aku habis beli kamera t3 tipe 1100d tapi giliran memorinya terpasang , itu blg memori tak bisa terdetect . jadi kitanya gabisa motret . uda ku cb gnti memori brapa kali smpk aku blikan yang baru , tetap ja gitu. sudah tak bawa ketempat aku bli kamera , malah masnya yang pasang muka sok bego tuh riweh betul, dan gamau ngebenerin kamera aku .. ada info gak gimana caranya biar memori terdetect meskipun uda bolak balik terformat ? thx

      imajiplus responded:
      Januari 13, 2014 pukul 9:02 am

      Beli kamera nya baru atau seken? Kalau masih garansi, langsung aja bawa ke service center nya. Kalau sudah dicoba ganti memory tetap ga bisa, berarti ada masalah di komponen dalamnya.

    sri said:
    Januari 13, 2014 pukul 8:52 am

    mas, mohon solusinya, kamera saya nikon D3000. kalau mengambil gambar awalnya auto focus bagus, ttapi entah kenapa pas saya mau ngambil gambar auto focus tdk berfungsi (tidak bisa ngambil gambar), jadi sy pake yang manualnya aja. kira2 yang bermasalah apanya yah..?

      imajiplus responded:
      Januari 13, 2014 pukul 8:58 am

      Tombol autogokus di lensa nya sudah aktif , belum?

    hilmy farhan said:
    Januari 28, 2014 pukul 9:57 am

    mas, saya masih pemula. mau tanya: kalau kelebihan dari lensaCanon 35-80mm f/4-5.6 Powerzoom itu apa? ko ga ada manual fokusnya? kalau suatu saat autofokusnya ga berfungsi dengan baik gimana?
    *soalnya saya punya 2 lensa kit tp lama kelamaan autofokusnya kaya yang ngaco.

      imajiplus responded:
      Januari 28, 2014 pukul 11:31 am

      Kekurangan lensa elektronis demikian,, lama kelamaan kualitas pasti akan berkurang.. Kalau awet. Nanti produsen merugi, ga ada yg beli lagi.. Hehe.. Lensa yg anda sebutkan termasuk seri lensa lama, berdasarkan percakapan di forum, banyak yang mengeluhkan kecepatan fokus lensa bila digunakan dengan kamera DSLR masa kini .. Mungkin kurang compatible… Tapi saya sendiri belum pernah nyoba..

    RezaP said:
    Januari 28, 2014 pukul 10:41 am

    Mas Imaji, saya mau beli kamera DSLR buat pemula aja nih,
    menurut mas ane beli Canon eos 600D atau Nikon D5100 ??

      imajiplus responded:
      Januari 28, 2014 pukul 11:14 am

      Dua kamera itu setara,, namun dari segi kesukaan saya lebih senang d5100.., dengan kelebihannya seperti kualitas image yg lebih baik, sensor yg lebih besar, dsb..

    andri said:
    Februari 6, 2014 pukul 12:42 am

    permisi mas mau nanya , saya baru beli canon 1100 d kit. pertanyaannya kenapa lensa saya ga ada IS(imagestabilize) nya ya?
    soalnya temen saya punya 1100 d juga tapi ada IS nya makasi mas

      imajiplus responded:
      Februari 6, 2014 pukul 4:36 am

      Karna anda belinya yg ga pake IS.. Harganya pasti lebih murah dibanding teman anda beli..

    […] Panduan Memilih Kamera DSLR | Picture do the Talking […]

    nadine said:
    Februari 25, 2014 pukul 9:16 pm

    mas. saya mw tanya , klo misalkan bwt pemula sprti sy ini mending pke canon yg 1100d atau canon 650d, dan hrga nya brp yah dr 2 kamera itu ?

      imajiplus responded:
      Februari 25, 2014 pukul 9:36 pm

      Dua kamera itu bisa digunakan untuk newbi…jadi sesuaikan aja budgetnya. 1100d sekitar 4jutaan.. Sedangkan seri 650d mulai 6 jutaan… Kelebihan yg kedua, layar touchscreen..

    muhammad ikhsan al-ikhfah said:
    Maret 6, 2014 pukul 2:57 am

    salam imajiplus,
    saya ada pakai kmera sony alpha 500 ni, dan memakai lens kit dan tamron 70-300mm, dan saya ingin membeli lens fix diagfram 1.8, apkh ini akn bgus buat kmera sya
    ouh y mas, ni tamron saya auto fokus nya udah gag jln lgi ni buat kmera sya, kan kamera sya mempunyai autofokus di bodi, apakah yang rusak dari tamron saya ini ya mas,,,
    tolong kasih pencerahan nya ya mas
    terimakasih

      imajiplus responded:
      Maret 6, 2014 pukul 8:42 am

      salam juga.. pada dasarnya kamera SLR memang bisa menggunakan berbagai jenis lensa yang ada dipasaran… dan fungsi lensa fix juga bisa digunakan.. sayang anda tidak menyebutkan lensa apa yang mau anda beli..
      kalau masalah autofokus tidak jalan,, bisa builtin motor yang rusak atau lensa tamron anda bermasalah.. coba tes dengan lensa lain,, apakah autofokusnya masih jalan.. kalau tidak berarti kamera anda bermasalah.. atau sebaliknya..semoga bermanfaat.. :)

    Sari said:
    Maret 10, 2014 pukul 9:18 pm

    Mas minta saran dunk kelebihan maupun kekurangan nikon D3200 Kit VR dengan Canon EOS 700D Kit 1. Saya tergolong pemula rencana pemakaian untuk dokumentasi pribadi

    Faisal said:
    April 3, 2014 pukul 4:39 pm

    Saya mau tanya mas soalnya masih pemula baru mau beli kamera DSLR :
    1. Apa aja sih yang membedakan nikon seri D5100 dengan D5200 selain besaran megapixelnya? karena dari segi harga lumayan selisihnya hehe
    2. Ada bedanya ga klo kita setting besaran pixel jadi 6 megapixel antara kamera yang punya kapasitas 24 megapixel dengan kamera yang 16 megapixel

      imajiplus responded:
      April 3, 2014 pukul 9:22 pm

      yang pasti ada perbaikan dr firmware nya.. dan focus point yg lebih banyak… setiap produsen kamera mengeluarkan seri penerus dr kamera seri sebelumnya, maka ada perbaikan dr yg sebelumnya td.. sedang jawaban pertanyaan kedua, sama aja.. kalo 6 megapixel ya.. perkalian resolusinya ukuran tepatnya adalah 2816 piksel (panjang) x 2112 piksel (lebar) – sehingga totalnya menjadi 6 MP. Untuk menghitung ukuran print optimum yang bisa dihasilkan kamera kita bagi 2816 x 2112 piksel dengan 300 ppi dan hasilnya adalah 9,5 dan 7 inchi. Jadi sebuah kamera digital dengan resolusi 6MP bisa menghasilkan print foto dengan ukuran 9,5 x 7 inchi atau 24 x 18 cm.

    Faisal said:
    April 4, 2014 pukul 8:20 am

    klo antara nikon d3300 sama d5200 mending mana mas dari segi fotografi

      imajiplus responded:
      April 4, 2014 pukul 2:07 pm

      prosesor d3300 diatas d5200, secara produk yang pertama baru keluar 2014 ini.., tapi tetap focus point yang dimiliki d3300 masih di bawah d5200.. ini disebabkan beda kelas antar dua kamera tersebut. kalau dari segi fotografi.. sama saja.. tergantung fotografernya bisa memaksimalkan penggunaan kamera, atau tidak.. :D

    iqbal said:
    Mei 15, 2014 pukul 3:49 pm

    apa2 aja perbedaan spek kamera nikon D3100 menggunakan lensa tele 70/300 dan kamera nikon D5200 menggunakan lensa tele 70/300.?

      imajiplus responded:
      Mei 15, 2014 pukul 6:35 pm

      yg jelas beda kelas.. dan d5200 spek kamera lebih tinggi.. misal sudah ada hdr, kualitas image lebih baik, kecepatan shooter lebih tinggi.. dsb…

    asan said:
    Juni 13, 2014 pukul 9:15 pm

    saya punya kamera nikon D3200
    apa normal bila dipakai kurang lebih 30menitan sudah panas

      imajiplus responded:
      Juni 14, 2014 pukul 6:23 am

      Tidak.. Coba bawa ke service center

    bonges said:
    Juni 20, 2014 pukul 5:22 pm

    mas mau tanya sya piunya canon 550d kalo saya ganti ke d5100nikon lebih baik yang mana ya mas?makasih… :)

      imajiplus responded:
      Juni 20, 2014 pukul 5:26 pm

      Kalo dari usia.. (sejak terbit) gak terlalu jauh… Kalau ditanya lebih baik.. Kalau kamu beli baru.. Jelas lebih baik… :)

    yoshua said:
    Juni 24, 2014 pukul 12:19 pm

    mas kalo kita beli kamera dslr yang wajib kita dapet apa saja?? selain kameranya…hehe

      imajiplus responded:
      Juni 24, 2014 pukul 12:29 pm

      Batre..charger.. Belt.. Hehe

    Hanif said:
    Juni 26, 2014 pukul 11:44 am

    Saya rencana mau beli kamera slr, menyessuaikan budget sya berencana beli yg second saja. Menurut mas, bagus mana antara Nikon D5000 sama D3200. Thanks

      imajiplus responded:
      Juni 26, 2014 pukul 12:42 pm

      Kalau liat usia.. Mending d3200… Kalau masalah bagus, banyak faktor yg harus diliat..

        Hanif said:
        Juni 27, 2014 pukul 8:25 am

        Tpi D5000 masih ok ga mas? sesuai ga klo dia minta 3,5jt. Untuk SC.y skitaran 25.xxx dan kondisi masih cukup bagus

        imajiplus responded:
        Juli 2, 2014 pukul 10:18 pm

        Mm.. Susah susah gampang dapet barang seken kamera bagus… Coba cek aja motret beberapa teknik.. Dan lihat hasilnya di kompi.. Kalau harga, relatif… Kalau SC.. Belum bisa menentukan… Bingung kan…. Hehe

    Okky Yholanada P said:
    Juli 5, 2014 pukul 2:24 am

    Mas di layar view nya nikon d3200 sblh kanan bwah tu ada jmlh angka.. itu SC apa jmlh kuota poto d memory?

      imajiplus responded:
      Juli 5, 2014 pukul 4:25 am

      Itu petunjuk angka sisa frame foto yg tersedia , tergantung dari memory card dan ukuran resolusi foto yg digunakan.

    Dije R said:
    Juli 22, 2014 pukul 4:23 pm

    mohon pencerahan karna bingung memilih d3200 atau eos 600

      imajiplus responded:
      Juli 22, 2014 pukul 4:37 pm

      Kalau dari sisi fotografi, saya lebih pilih d3200… Tapi kalau untuk videografi, meskipun autofokus lebih baik yang d3200, tapi eos 600d punya kelebihan lcd yang fleksibel

    davi said:
    Juli 30, 2014 pukul 12:49 pm

    mau tanyak nie..apa bner camera dslr usia SC nya paling gug cuman 3000 jepretan … soalnya aqw bingung kak waktu beli..kata si penjual usianya sc hanya 3000 jebretan …makasih

    dh ey maz said:
    Agustus 15, 2014 pukul 12:36 pm

    mau tanya nie apa efeknya setelah menginstal magic lantern…..makassih

      imajiplus responded:
      Agustus 16, 2014 pukul 3:25 am

      saya sendiri belum pernah install software gratis ini.. tapi kalo lihat fitur yang ditawarkan, meningkatkan kemampuan video shoot maupun fotografi, misalnya teknik bracketing, deteksi gerak, rekam HDR video, dsb..

    Amabel H said:
    Agustus 28, 2014 pukul 8:44 pm

    Mas, saya mau tanya, mending beli canon eos 70D atau nikon d7100? Terima kasih..

    Amabel H said:
    Agustus 28, 2014 pukul 8:48 pm

    Mas, saya mau tanya nih, mending beli Canon EOS 70D atau Nikon D7100? Terima kasih..

      imajiplus responded:
      Agustus 30, 2014 pukul 4:56 pm

      beda merk, beda kesukaan.. tinggal pilih aja menu yang anda suka.. keduanya menurut saya memiliki kemampuan yang sama dalam fotografi.. kelasnya juga setara.. bedanya canon 70d punya layar touchscreen dan flip.. ..pilihan terserah anda., :)

    arizka said:
    Oktober 12, 2014 pukul 7:11 am

    mas kameraku canon eos 600d, autonya g mau jalan jadi cuman bisa manual. harus digimanain ya?

      imajiplus responded:
      Oktober 12, 2014 pukul 7:15 am

      Kondisi gak mau jalannya gimana? Menu auto nya gak bisa digunain? Kemungkinan ada kerusakan di sistem softwarenya… Bawa aja ke service center.. Mungkin upgrade firmware.. (ini kemungkinan, soalnya anda tidak menjelaskan bgmana tidak jalannya.. )

      imajiplus responded:
      Oktober 16, 2014 pukul 8:17 am

      Coba cek dulu manualnya.. Settingannya sudah benar tidak..

    sayyid said:
    Oktober 19, 2014 pukul 10:26 am

    Bgus infonya,, makasih

    Melinda OK said:
    Oktober 21, 2014 pukul 9:44 pm

    om kalo kamera canon eos 600d sama canon 1100d tinggian mana tuh? terus mahalan mana?

      imajiplus responded:
      Oktober 22, 2014 pukul 1:26 pm

      kalo dari seri, tinggian 600d…dan sudah pasti harganya mahalan 600d

    kamera said:
    Oktober 23, 2014 pukul 3:17 pm

    tips yang bermanfaat banget mas, makasih

    Yusup.P said:
    Oktober 29, 2014 pukul 12:48 pm

    mas, mohon petunjuknya.. saya pemula yang ingin belajar fotografi. setelah searching komparasi dengan budged 5jutaan, yang saya dpt antara Nikon D3200 kit 18-55 VR dengan Canon EOS 1200D kit 18-55 III. pertimbangan membeli yg lengkap karena msh tahap belajar. untuk kedua camera kelas entry level tsb mn yg lbh recomended khususnya fotografi? untuk canon, penamaan 3 romawi ( III ) untuk keterangan apa ya? tks..

      Yusup.P said:
      Oktober 29, 2014 pukul 1:07 pm

      revisi dikit, D3200 kit 18-55 VR dengan Canon EOS 1200D kit 18-55 III + filter 58mm ? tks..

        imajiplus responded:
        Oktober 29, 2014 pukul 1:23 pm

        berdasarkan pengamatan, d3200 lebih unggul, diantaranya low noise di shutter lebih tinggi, punya jack external mic, resolusi lebih tinggi, sensor cleaner, burst lebih banyak (4 fps), kedalaman warnanya juga lebih baik, punya autofokus lebih baik pada videocam…
        silakan memilih…

    santi said:
    November 5, 2014 pukul 11:40 am

    permisi mau tanya
    kira-kira saya cocok pilih kamera SLR merk apa dan tipe apa???
    apakah nikon d3200 cocok untuk saya????

      imajiplus responded:
      November 5, 2014 pukul 11:57 am

      Hehe.. Pertanyaannya bikin bingung.. Saya bukan paranormal.. Jadi gak bisa jawab pertanyaan seperti ini.

    Faisol said:
    November 8, 2014 pukul 11:33 pm

    Mas maaf saya mw tanya. Sebelumnya tdi saya sudah lihat comment dari yg tahun 2012 sampai 2014. Untuk yg sekarag ini saya mw beli camera canon EOS 600D kira2 ada pertimbangan lain gak yg sekiranya budgetx 6jutaan karena mengingat canon 600D itu kn farian lama kira2 yg farian baru yg speknya lebih dri pada canon 600D tp dg budget 6jutaan itu canon tipe berapa ya? Trims

      imajiplus responded:
      November 8, 2014 pukul 11:40 pm

      Diharga 6 jutaan, memang hanya ada 600d.. Kalo diatas itu ada 700d, tapi dengan lensa kit kisaran harga 7 jutaan..

      imajiplus responded:
      November 13, 2014 pukul 11:00 am

      kalau mau nikon, bisa D5200… mahal sedikit

    hidayatdn said:
    November 12, 2014 pukul 2:15 pm

    mohon pencerahan karna bingung memilih d5200 atau eos 600

      imajiplus responded:
      November 13, 2014 pukul 10:58 am

      saya prefer pilih d5200 …

    dedy said:
    November 13, 2014 pukul 6:58 pm

    Mas, sy pemula bingung mana yg lebih baik sy mau beli sony A3500, canon 1200 atau nikon d3200, karena sy lg diausy infonya A3500 cuma ada disini, tapi A3500 cuma mirroles, mohon pencerahan

      imajiplus responded:
      November 13, 2014 pukul 11:54 pm

      2 yang terakhir itu jenis entry level DSLR, sedangkan sony jenis mirrorless dengan model SLR dan sensornya jenis APS-C. Dari spek nya sih sony Alpha 3500 masih lebih baik dibandingkan 1200D atau D3200… tapi dari bentuk, tidak berbeda jauh, hanya ukuran lebih kecil. dan betul, alpha 3500 hanya untuk pasar Australia.. jadi pertimbangkan lagi dari sisi aftersales nya..

    mas bip said:
    Desember 3, 2014 pukul 9:31 am

    mas saya mau tanya baru mau beli kamera ,saya suka foto2 konser musik ,balap motor ataupun alam sekitar. menurut mas kamera apa yang cocok dengan dana 6 juta. saya ada pilihan ,mendingan beli mana antara Canon 600d kit1 18-55 atau Canon 1100d double kit 18-55 50-250. mohon pencerahanya yg sangat membantu saya. terima kasih

    mas bip said:
    Desember 3, 2014 pukul 9:33 am

    mas saya mau tanya baru mau beli kamera ,saya suka foto2 konser musik ,balap motor ataupun alam sekitar. menurut mas kamera apa yang cocok dengan dana 6 juta. saya ada pilihan ,mendingan beli mana antara Canon 600d kit1 18-55 atau Canon 1100d double kit 18-55 50-250. mohon pencerahanya yg sangat membantu saya. terima kasih banyak

    Nuel said:
    Desember 4, 2014 pukul 1:41 pm

    Mas , mau tanya ni , kalau mau pilih kamera antara 70D baru sama 7D bekas lebih baik yang mana ? terimakasih

      imajiplus responded:
      Desember 4, 2014 pukul 3:18 pm

      kalau saya, lebih milih DSLR baru, ketimbang bekas.. meskipun serinya di bawah yang bekas.. pertimbangan dari segi elektronik..

    citra said:
    Desember 8, 2014 pukul 5:50 am

    canon eos 60D sama eos 1200D bagus mana ?

      imajiplus responded:
      Desember 9, 2014 pukul 10:38 am

      Ya jelas 60d

    citra said:
    Desember 10, 2014 pukul 12:42 pm

    kalo canon eos 60D sama 650D ? makasih

    ady said:
    Desember 10, 2014 pukul 1:06 pm

    mas mau tanya, ada yg nawari kamera 2nd nikon 3200d kit 18-105vrii dengan harga 4.5 atau canon 2nd 600d lensa fix 50mm 1.8 seharga 5jt. masa pemakain masih 4bulan ,,kira2 mana yang mungkin sy pilih,,,
    atau harus beli baru 600d yg seharga 5.9 atau gmna mas,,
    karna budget yg cekak karna belum beli aksesoris lain,, kepengn mendalami fotografer dulu sih punya canon 1100d tp dach d jual..

    mohon pencerahanya

      imajiplus responded:
      Desember 10, 2014 pukul 1:25 pm

      Saya lebih baik beli dslr baru. Nikon D3200. Lensa 18-105

    Putra said:
    Desember 28, 2014 pukul 6:40 pm

    Slm kenal Mas…Mohon bantuan rekomendasinya tiga tipe kamera Nikon D3300, Nikon D5200 dan Pentax K-50 mana yang terbaik dengan lensakit standar 18-55, soalnya budget ane sekitar 6 jutaan. Trims sblumnya.

      imajiplus responded:
      Desember 29, 2014 pukul 10:30 am

      saya lebih memilih D5200, meskipun K-50 memiliki kelebihan sudah pentaprisma, weathersealed, dan image stabilization…tapi setaralah dengan harganya yang lebih mahal.

        Putra said:
        Desember 31, 2014 pukul 5:00 pm

        sekedar pingin tahu saja, kenapa imajiplus lebih memilih D5200 ketimbang K-50 yg punya kelebihan dan lebih murah,..? ane cek di situs snapshott unggulkan K-50, DXOmark unggulkan D5200. untuk pilihan ane tetap memilih Nikon d5200 trims imajiplus

        imajiplus responded:
        Desember 31, 2014 pukul 5:50 pm

        Saya lebih prefer nikon d5200 karna karakter hasil fotonya sudah cocok dengan saya. Selain itu, ketersediaan lensa lebih banyak, baik yg keluaran nikon maupun subtitute nya.. Demikian

    tryarini said:
    Maret 1, 2015 pukul 6:22 pm

    maaf saya mau bertanya. saya sedang ingin membeli kamera dslr nikon dengan budget 6 jt apa ada usulan tipe yang bagus.
    nikon D5200 apa sudah bagus ?
    setelah saya baca komentar di atas apa motor focus itu penting ?
    apa di nikon 5200 sudah ada fitur itu ?

      imajiplus responded:
      Maret 2, 2015 pukul 2:26 pm

      D5200 sudah bagus.. memang kalo tidak salah belum di lengkapi motor focus built in di kameranya. konsekuensinya gak bisa gunain autofocus pada lensa AF yang dulu… (oldstyle)..

    yuneerh said:
    Maret 5, 2015 pukul 11:20 am

    Salam imajiplus,
    Ada yg jual nikon d90 3juta dibelinya tahun 2010….n jrg dipke ktanya krn kurang mmhami cra pemakaiannya hnya disimpan ajj😄. Sya tanya shutternya sdh brp yg punya nggk tau tuhh(masih keluarga sihh):?msih mulus juga sih….tombolnya juga lengkap. Tpi yg meragukan pengen tahu scnya sdh brp bnyak trpakai, gmn solusinya mas apakah mnurut mas kemra d90 dijual 3juta sudah lumayan??oiyahh, bgus nggk tuh nikonD90, mksihh yahh…

      imajiplus responded:
      Maret 5, 2015 pukul 12:34 pm

      untuk Nikon D90, itu termasuk kamera yang laris manis dan TOP pada masanya, dan sekaligus seri yang terbaik. dan harga segitu, jika dengan lensa kit 18-105 VR sudah murah. kalau mau tau SC, bisa cek dengan ambil foto terakhir dengan kamera itu, terus cek foto dengan cara upload ke :(bisa pilih).. http://www.myshuttercount.com atau download software gratis opanda di http://opanda.com/en/iexif/

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s