PENGANTAR DESAIN GRAFIS

Manakah yang lebih penting, isi pesan atau bentuk media? Pertanyaan tersebut cenderung bersifat basa-basi, karena setiap orang sebenarnya sudah tahu jawabannya. Yaitu isi pesan yang tidak terpisahkan dari reka bentuknya. Dalam suatu dunia yang penuh persaingan dan banjir informasi, peranan bentuk dan perwajahan media cetak makin mengemuka sebagai upaya merebut perhatian publik yang disodori berbagai pilihan menarik.

Reka bentuk media cetak atau desain grafis merupakan kreatif merancang perwajahan naskah sehingga laik cetak. Pekerjaan reka bentuk diawali dengan gagasan, dan diakhiri dengan terwujudnya ke dalam suatu bentuk media cetak seperti yang digagasnya. Rekabentuk berarti memberi kesempatan kepada pewajah dan pelanggan untuk melihat pekerjaan mereka sebelum dilaksanakan.

Rekabentuk yang baik bersifat fungsional, dengan kata lain menganut azas ”bentuk mengikuti fungsi” (form follow function). Arti setiap solusi grafis yang diajukan bertolak dari pengamatan terhadap karakteristik khas media dan khalayaknya, sehingga hasil rancangannya tidak semata artistik tetapi sekaligus memiliki nilai komunikasi.

Sebelum memulai suatu proyek, tanyakanlah pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  1. Media apa yang akan digunakan?
  2. Siapa khalayak sasarannya?
  3. Bagaimana isi pesan atau informasinya akan ditampakkan kepada pembaca?

Berpikirlah desain grafis sebagai media komunikasi, yang harus dinilai dari segi kemampuannya dalam membantu pembaca ketika mencerna isi media secara mudah dan menyenangkan. Dengan demikian penataan unsur-unsur grafis pada ruang terbatas adalah berdasarkan pertimbangan-pertimbangan:

  1. Mudah terbaca
  2. Kecocokan (appropriateness)
  3. Estetika
  4. Ekonomi

Adapun materi garapannya meliputi penetapan aspek-aspek seperti:

  1. Jenis kertas
  2. Format
  3. Perwajahan
  4. Bekerja dengan huruf
  5. Ilustrasi
  6. Warna

..Semoga Bermanfaat (imajiplus)

Tinggalkan komentar