Bentuk (Form & Shapes)

Cara termudah menciptakan sebuah foto yang segera menarik perhatian pembaca adalah berikan prioritas pada sebuah elemen visual tunggal. Bentuk, khususnya,  yang dibentuk dari form dan shapes bisa lebih mencolok. Kedua faktor ini saling berkaitan satu sama lain. Shape memberikan prioritas pada suatu elemen visual untuk menjadi titik perhatian. Ia memberikan kontras antara objek dengan sekitarnya. Ketika shape membentuk dimensi tersendiri sebagai out line pada objek foto, maka form juga memberikan kesan padat dan tiga dimensi. Hal ini merupakan faktor penting dalam menciptakan kesan kedalaman dan realistis. Faktor penting yang menentukan form terbentuk adalah arah dan kualitas cahaya yang mengenai objek.

Foto di atas di ambil dengan teknik macro photography dengan komposisi diagonal. Jarak pemotretan yang sangat dekat menyebabkan ruang tajam menjadi sempit (DOF sempit).

Akhirnya Berpisah

Arah datangnya cahaya dari satu sisi menghasilkan dimensi bentuk dan kedalaman dari objek foto. Pemenggalan dari bagian-bagian benda tertentu, bisa menghasilkan foto yang menarik. Foto di atas menggunakan lensa panjang (telephoto lens) dengan bukaan lebar sehingga ruang tajam sempit.

Tinggalkan komentar